Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Penipu Berpistol Mainan Ngaku Tentara yang Berhasil Raup Rp 200 Juta

Polisi membawa kedua pelaku untuk diamankan di Mapolsek Bae, Kudus. (ISTIMEWA)

MuriaNewsCom, Kudus –  Aparat dari Polsek Bae Kudus berhasil memeriksa kedua pelaku penipuan di Desa Bacin, Bae, Kamis (16/3/2017).  Diketahui, kedua pelaku adalah Hermanu Suryo Jatmiko (27) warga Desa Malangjiwan RT 4 RW 4, Colomadu, Karanganyar bersama temannya Dion Johansyah (33) warga Desa Pasar Kemis RT 1 RW 5 Kabupaten Tangerang, Banten.

Ternyata, kedua pelaku mendapat keuntungan RP 200 juta dari proses penipuan. Kapolsek Bae AKP Dwi Jati H mengatakan, pelaku lihai dalam memanfaatkan situasi. Keduanya membawa rekening sekaligus ATM atas nama milik warga Bacin, dan kemudian menggunakannya untuk menipu via online.

“Ada sejumlah rekening yang dibawa. Dan itu yang digunakan sebagai modal menipu masyarakat umum. Jika hanya satu rekening bank, maka akan mudah ketahuan,” katanya.

Kedua terduga juga menyasar penipuan dengan jumlah kecil. Yaitu mulai dari Rp 20 ribu hingga Rp 800 ribuan tiap korban.  Padahal, sasaran kedua pelaku tidak sedikit dan sudah sampai mana-mana. Hasilnya, dari sejumlah rekening, satu di antaranya sudah terkumpul uang Rp 200 juta dengan modus yang sama.

Dalam beraksi, satu dari kedua terduga mengaku sebagai tentara, lengkap dengan identitas yang diduga palsu. Selain itu, untuk meyakinkan masyarakat,  juga menggnakan sebuah pistol mainan.

“Pistol itu pistolnya korek api, namun sekilas memang mirip dengan aslinya dan mampu mengelabui masyarakat,” ungkapnya. 

Korban adalah  Aroman (60), dan Masriah, warga Desa Bacin RT 8 RW 3, Bae. Pelaku diringkus polisi di rumah tersebut.

Editor : Akrom Hazami

Baca juga2 Penipu Berpistol Mainan Takuti Korbannya di Bae Kudus

Comments
Loading...