Kamis, 28 Maret 2024

23 SMP dan MTs di Rembang Gelar UNBK Secara Gabungan

Edy Sutriyono
Rabu, 15 Maret 2017 11:00:53
Kabid Pembinaan SMP pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Rembang Achmad Solhan.(MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)
Murianews, Rembang - Sebanyak 23 dari 33 SMP dan MTs, baik negeri maupun swasta di Kabupaten Rembang dipastikan tidak dapat menggelar ujian nasional berbasis komputer (UNBK) secara mandiri, namun akan dilaksanakan secara gabungan dengan SMA dan SMK serta MA. "Ada 33 SMP dan MTs negeri maupun swasta yang akan melaksanakan UNBK pada Mei mendatang. Namun dari jumlah tersebut, hanya 10 sekolah yang bisa melakukan UNBK mandiri. Sedangkan 23 SMP dan MTs lainnya melakukan UNBK dengan meminjam fasilitas SMA/SMK/MA setempat," ujar Kabid Pembinaan SMP pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Rembang Achmad Solhan. Menurut dia, tidak dapatnya 23 SMP dan MTs tersebut menggelar UNBK secara mandiri bagi para siswanya, karena terkendala dengan peralatan komputer yang terbatas. "Memang masih banyak sekolah yang kelengkapannya kurang untuk melaksanakan UNBK secara mandiri. Intinya semua SMP dan MTs sudah siap, walaupun harus meminjam fasilitas SMA dan SMK maupun MA," kata dia. Menurutnya, tahun 2017, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan memperluas pelaksanaan ujian berbasis komputer, baik untuk ujian nasional (UN) maupun ujian sekolah berstandar nasional (USBN). Penyelenggaraan UN dijadwalkan berlangsung pada Mei mendatang untuk tingkat SMP. Untuk UN SMP/MTs akan dirancang menjadi dua gelombang sebagai solusi untuk masalah kekurangan komputer. Gelombang pertama UN SMP/MTs akan berlangsung pada 2, 3, 4, dan 15 Mei 2017, sedangkan gelombang kedua akan dilaksanakan pada 8, 9, 10, dan 16 Mei 2017. Berikut ini 23 SMP dan MTs yang mengikuti UNBK di sekolah lain :
  1. SMPN 1 Kaliori menggelar UNBK di SMAN 1 Rembang 2. SMPN 2 Kaliori menggelar UNBK di SMK Muhammadiyah Rembang 3. SMPN 2 Lasem menggelar UNBK di SMK NU Lasem 4. SMPN 3 Lasem menggelar UNBK di SMK NU Lasem 5. SMPN 1 Pamotan menggelar UNBK di SMA N 1 Pamotan 6. SMPN 1 Rembang menggelar UNBK di SMK N 1 Rembang 7. SMPN 3 Rembang menggelar UNBK di SMK Muhammadiyah Rembang 8. SMPN 4 Rembang menggelar UNBK di SMK Muhammadiyah Rembang 9. SMPN 5 Rembang menggelar UNBK di SMA N 2 Rembang 10. SMPN 6 Rembang menggelar UNBK di SMK Al Mubaarok Rembang 11. SMPN 2 Sale menggelar UNBK di SMKN 1 Sale 12. SMPN 2 Sedan menggelar UNBK di SMKN 1 Sedan 13. SMP Adi Sucipto Sale menggelar UNBK di SMKN 1 Sale 14. SMP Al Yaqin Sluke menggelar UNBK di SMA Al Yaqin Sluke 15. SMP Hamong Putra Lasem menggelar UNBK di SMK Yos Sudarso 16. SMK Muhammadiyah Pamotan menggelar UNBK di SMK Muhammadiyah Pamotan 17. SMP NU Lasem menggelar UNBK di SMK NU Lasem. 18. MTs Negeri Lasem menggelar UNBK di MAN Lasem 19. MTs Al Mubaaroq Rembang menggelar UNBK di SMK Al Mubaroq Rembang 20. MTs Islamiyah Syafiiyah Sedan menggelar UNBK di MA Islamiyah Syafiiyah Sedan 21. MTs Muallimin Muallimat menggelar UNBK di MA Muallimin Muallimat 22. MTs Wali Songo Kaliori menggelar UNBK di SMK Wali Songo Kaliori 23. MTs Arrohman 1 Bulu menggelar UNBK di MA Arrohman Bulu.
Sedangkan SMP dan MTs yang melaksanakan UNBK secara mandiri adalah :
  1. SMPN 1 Lasem 2. SMPN 2 Rembang 3. SMP Muhammadiyah Rembang 4. SMP OV Slamet Riyadi Rembang 5. MTs Negeri Pamotan 6. MTs Negeri Sale 7. MTs Negeri Sulang 8. MTs Negeri Sumber 9. MTs Al Anwar Sarang 10. MTs Riyadlotut Thalabah Sedan
  Editor : Kholistiono

Baca Juga

Komentar