Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ratusan Koperasi Bermasalah di Pati Terancam Dibubarkan

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Pati Singgih Purnomojati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Sedikitnya 547 koperasi di Kabupaten Pati dinyatakan bermasalah. Hal itu diungkap Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Pati Singgih Purnomojati.

Ada sejumlah indikasi yang membuat ratusan koperasi di Pati dinyatakan bermasalah. Salah satunya, banyaknya anggota koperasi yang merasa resah, lantaran koperasinya sudah tidak sehat lagi.

“Sesuai dengan agenda reformasi koperasi yang dicanangkan Menteri Koperasi dan UMKM, koperasi bermasalah yang tidak mau dibina akan dibubarkan,” kata Singgih.

Saat ini, ada 1.117 koperasi aktif di Pati. Namun, setelah dilakukan inventarisasi, pemantauan dan pembinaan, pihaknya hanya menemukan 570 koperasi yang sehat. Salah satu indikasi koperasi yang sehat, antara lain aktif melakukan laporan rapat anggota tahunan (RAT).

Sementara itu, 547 koperasi lainnya dinyatakan tidak aktif, bermasalah dan melakukan banyak pelanggaran. Padahal, Singgih selama ini sudah melakukan pembinaan kepada koperasi bermasalah.

Namun, upaya pembinaan tersebut ternyata diabaikan. Banyak koperasi di Pati yang tidak melaporkan pertanggungjawabannya. Karena itu, pihaknya akan segera melakukan pembubaran kepada ratusan koperasi yang dinyatakan bermasalah.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...