Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pernah Ditilang Polisi Cilik? Begini Rasanya di Grobogan

724
Seorang polcil sedang memeriksa surat kelengkapan pengendara motor dalam kegiatan Operasi Simpatik di Grobogan. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Ada yang berbeda dalam pelaksanaan Operasi Simpatik yang digelar aparat Polres Grobogan, Sabtu (4/3/2017). Dalam operasi kali ini, ada puluhan polisi cilik (Polcil) yang dilibatkan.

Didampingi petugas, para polcil ini ikut melakukan tugas layaknya seorang polisi pada umumnya. Pengendara yang sudah diminta berhenti kemudian diminta menunujukkan surat kelengkapan kendaraan dengan nada sopan.

“Selamat siang. Mohon maaf telah mengganggu perjalanan. Tolong, tunjukkan surat kelengkapan kendaraannya,” kata salah seorang polcil pada pengendara motor.

Bagi pengendara yang suratnya lengkap selanjutnya langsung diminta melanjutkan perjalanan. Sedangkan bagi pengendara yang tidak lengkap surat-suratnya diberikan nasihat supaya tidak melakukan pelanggaran lagi.

Beberapa pengendara yang dapat nasihat dari polcil terlihat cengar-cengir lantaran merasa malu. Selain ikut dalam kegiatan operasi, para polcil juga terlihat ikut membagikan stiker berisi imbauan tertib berlalu lintas pada sejumlah pengendara.  

Kasat Lantas Polres Grobogan AKP Panji Gedhe Prabawa menyatakan, pihaknya sengaja menggandeng polisi anak-anak untuk memberikan teguran kepada pelanggar. Tujuannya agar para pelanggar merasa malu karena diingatkan seorang anak kecil.

“Saya berharap teguran dari polisi cilik ini akan terus diingat para pelanggar. Harapan ke depan, mereka nanti tidak melakukan kesalahan serupa,” katanya.

Menurut Panji, dalam beberapa hari pelaksanaan Operasi Simpatik Candi 2017 masih banyak ditemukan pengendara yang melanggar aturan lalu lintas. Seperti tidak mengenakan helm, tidak punya SIM dan tanpa bawa STNK.

Editor : Akrom Hazami

Ruangan komen telah ditutup.