Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Gus Arwani Sebut Hasil Pilkada Pati Sudah Sesuai Mekanisme

Ketua Fraksi PPP MPR/DPR RI Muhammad Arwani Thomafi saat menggelar silaturahmi bersama tokoh masyarakat di Gedung Haji Gunungwungkal, Pati, Jumat (3/3/2017). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Ketua Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) MPR/DPR RI Muhammad Arwani Thomafi mengunjungi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati untuk memastikan pelaksanaan Pilkada di Pati berjalan aman dan lancar. Menurutnya, Pilkada Pati sudah berjalan sesuai dengan mekanisme dan perundang-undangan yang berlaku.
“Saya kemarin sempat melakukan kunjungan ke KPUD Pati dalam rangka reses pengawasan pelaksanaan tahapan Pilkada serentak. Kondisi yang sudah berjalan dengan baik ini diharapkan bisa sampai pada tahap akhir, yakni pelantikan Cabup dan Cawabup Pati,” ujar anggota DPR RI yang akrab disapa Gus Aang ini, Sabtu (4/3/2017).

Namun, lanjut Arwani, bila ada sejumlah masyarakat yang kurang sepakat dengan hasil Pilkada Pati dan melakukan upaya hukum ke Mahkamah Konstitusi (MK), hal itu dianggap wajar dan menjadi bagian dari hak masyarakat. Bahkan, ia meminta kepada para pihak untuk menghormati upaya hukum dari masyarakat tersebut.

“Menurut saya, hasil Pilkada sudah berjalan sesuai mekanisme dan Undang-Undang. Jika ada hal-hal yang kurang disepakati dan perlu dilakukan upaya hukum, ya silakan. Semua harus terbuka. Kita harus hormati upaya hukum yang dilakukan masyarakat,” ucap Gus Aang.

Saat ini, ia hanya mempercayakan kepada pihak yang digugat masyarakat. Bila yang digugat ke MK adalah penyelenggara Pilkada, dalam hal ini KPUD Pati, ia percayakan sepenuhnya kepada KPU Pati. Sebab, sejauh pengamatannya di lapangan, KPU Pati dinilai sudah melaksanakan tugasnya sesuai dengan Undang-Undang.

Seperti diketahui, PPP adalah satu di antara delapan partai politik yang mengusung Haryanto-Saiful Arifin pada Pilkada yang digelar 15 Februari 2017 lalu. Gus Aang ikut bangga, karena paslon yang diusung PPP bisa memenangkan Pilkada Pati.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...