Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dinbudpar Rembang Sebut Pembiayaan Perawatan Benda Cagar Budaya Masih Dilakukan Perorangan

Omah Londo di Lasem, yang merupakan salah satu benda cagar budaya. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Pemeliharaan terhadap benda cagar budaya di Rembang, sejauh ini masih dilakukan oleh pemilik atau perorangan. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Rembang Dwi Purwanto.

Menurutnya, pemerintah saat ini masih belum bisa memback up secara penuh terkait pemeliharaaan benda cagar budaya yang ada di Rembang. Sebab, saat ini aturan terkait dengan cagar budaya juga masih digodog.

Dirinya mencontohkan, di antaranya cagar budaya yang ada di Rembang yakni Omah Londo dan Lawang Ombo yang berada di Lasem. Saat ini, untuk perawatannya juga masih dilakukan secara pribadi, yakni, pemilik dari Omah Londo maupun Lawang Ombo tersebut. “Rata-rata memang masih dirawat oleh perseorangan. Yakni yang mempuyai cagar budaya tersebut,” ungkapnya.

Kemudian, terkait ke depannya seperti apa, pihaknya mengaku akan fokus terhadap regulasi terlebih dahulu. Dengan adanya regulasi tersebut, nantinya, pemerintah akan lebih mudah untuk melangkah, karena sudah ada paying hukumnya.”Tentunya kita juga masih akan merampungkan itu. Supaya kedepannya bisa ada aturan yang jelas. Baik mulai dari anggaran perawatan atau yang lainnya,” paparnya.

Terpisah, pemilik cagar budaya Omah Londo yakni Soebagyo mengatakan, keberadaan Omah Londo tersebut, diharapkan bisa menjadi salah satu cerita sejarah di Rembang. “Dulu Omah Londo ini saya beli dari seseorang, sekitar 4 tahun lalu. Harganya ketika saya beli sekitar Rp 2,5 miliar. Saya berharap, bisa ikut nguri-nguri budaya,” katanya.

Ia katakan, berdasarkan informasi, Omah Londo tersebut dibangu pertama kali sekitar tahun 1.800 dengan luasan lahan sekitar 1.700 meter. Di dalam bangunan tersebut terdapat 5 buah kamar.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...