Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Anggota Polisi di Pati juga Dirazia dalam Operasi Simpatik 2017

Anggota Satlantas Polres Pati merazia anggota polisi di kawasan pintu masuk Mapolres Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Operasi Simpatik Candi 2017 yang digelar di wilayah Kabupaten Pati dari Rabu (1/3/2017) hingga Senin (21/3/2017) mendatang tidak hanya merazia pengguna kendaraan di jalanan. Anggota polisi juga dirazia sendiri dalam Operasi Simpatik tersebut.

Mereka diperiksa Satuan Tugas (Satgas) Hukum Polres Pati untuk diperiksa surat-surat kendaraannya, termasuk identitas diri. Hal itu diharapkan agar anggota polisi bisa menjadi contoh bagi masyarakat untuk mematuhi peraturan lalu lintas dengan membawa surat-surat kelengkapan berkendara.

“Sasaran operasi juga dilakukan kepada anggota polisi sendiri. Tujuannya supaya anggota polisi pun juga harus tertib dan bisa memberikan contoh kepada masyarakat, sebelum diterjunkan di lapangan,” ungkap Kasatlantas Polres Pati Ikrar Potawari, Jumat (3/3/2017).

Menurutnya, anggota polisi harus tertib berlalu lintas, sebelum mengajak masyarakat untuk tertib. Hal itu yang ia sebut sebagai polisi teladan. Tidak sekadar mengimbau dan mengajak, tapi memberikan contoh melalui sikap dan perbuatan.

“Dari hasil operasi yang dilakukan di internal kepolisian, semua polisi sudah tertib berlalu lintas, mulai dari kelengkapan surat hingga kelengkapan kendaraan. Kalau misalnya ada yang terbukti tidak membawa surat-surat berkendara, tetap akan diproses sebagaimana prosedur yang berlaku,” imbuhnya.

Dalam Ops Simpatik Candi tahun ini, polisi lebih mengedepankan imbauan dalam berkendara dan pencegahan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Pasalnya, sebagian besar kecelakaan lalu lintas disebabkan faktor ketidakpatuhan pengendara dalam berlalu lintas. Karena itu, butuh upaya pencegahan secara preventif agar angka kecelakaan lalu lintas bisa ditekan seminimal mungkin.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...