Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bagi Penolak Pabrik Semen di Rembang, Tenda Perjuangan Kini Berada di Hati Warga

Sukinah, salah satu warga Desa Tegaldowo, Kecamtan Gunem, Rembang, yang menolak adanya pendirian pabrik semen. Sukinah menunjukan tulisan yang ada di dinding rumahnya. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Beberapa waktu lalu, tenda perjuangan yang didirikan warga penolak pabrik semen di ring 1 area pabrik semen di Bukit Bokong, Desa Kadiwono, Kecamatan Gunem, Rembang, telah dirobohkan. Pun demikian, dengan tenda perjuangan pro pabrik semen yang juga dirobohkan.

Namun demikian, bagi warga penolak pabrik semen, meski saat ini tenda perjuangan sudah tidak ada, tetapi bagi warga tenda perjuangan tetap ada di hati warga. “Sekarang tenda perjuangan memang sudah tidak ada, tetapi, yakinlah, tenda perjuangan sekarang ada di hati kami masing-masing,” ujar Sukinah, salah satu tokoh penolak pabrik semen.

Menurutnya, warga yang menolak adanya pabrik semen di Rembang, bukan tanpa sebab. Alasannya, karena warga ingin adanya kelanjutan atau kelestarian alam. “Supaya keturunan kita yang akan datang bisa mewarisinya. Baik itu pertanian, perkebunan dan lainnya,” imbuhnya.

Kemudian, terkait apakah warga penolak pabrik semen nantinya akan melakukan aksi atau tidak, menurutnya, hal itu bisa saja ada dan juga tidak. Karena, menurutnya, aksi unjuk rasa yang dilakukan biasanya dilakukan secara spontanitas.

“Kalau menjalankan aksi itu biasanya secara spontan. Dan jika direncanakan, kadang malah bisa gagal. Biasanya ya spontan. Yakni kabar-kabar ke rekan dan langsung menjalakankan aksi,” ucapnya.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...