Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Nelayan Ingin Ada Industri Perikanan Terpadu di Pati

Suasana transaksi jual-beli ikan di tempat pelelangan ikan (TPI) Juwana. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Sejumlah nelayan di Kabupaten Pati menginginkan adanya industri perikanan dan kelautan yang bisa menampung hasil tangkapan ikan. Selama ini, tempat pelelangan ikan (TPI) di Juwana sebatas digunakan sebagai transaksi jual-beli saja.

Padahal, Pati menjadi salah satu penghasil dan pemasok ikan yang cukup besar di pasar nasional. Dengan adanya industri perikanan dan kelautan yang terintegrasi, hasil tangkapan nelayan bisa langsung diproses yang pada akhirnya bisa meningkatkan ekonomi nelayan.

Hal itu yang diharapkan Hadi, salah satu nelayan Juwana. “Melihat potensi perikanan di Juwana yang sangat besar, keberadaan dua TPI saja, bagi saya tidak cukup. Terlebih, TPI selama ini hanya untuk transaksi jual beli saja,” ungkap Hadi, Rabu (1/3/2017).

Dia berharap, pemerintah kabupaten (Pemkab) Pati bisa mengupayakan adanya pengolahan hasil tangkapan ikan dari nelayan agar bisa terakomodasi secara langsung. Menurutnya, potensi maritim di Kabupaten Pati mesti dioptimalkan untuk kesejahteraan nelayan dan masyarakat Pati secara luas.

Bila potensi maritim itu sebatas diakomodasi dengan dua TPI dan tidak ada terobosan baru, menurut Hadi, kondisi nelayan dan masyarakat akan bergerak stagnan. Karenanya, butuh peran dari pemerintah untuk bersama-sama mengangkat ekonomi nelayan dan masyarakat melalui potensi maritim yang besar di kawasan Juwana.

“Semuanya ada pada kebijakan pemerintah. Kami berharap, keluhan nelayan seperti persoalan cantrang dan tempat pengelolaan ikan bisa segera diatasi, sehingga ekonomi nelayan di Juwana meningkat yang bisa menimbulkan multiplier effect kepada masyarakat luas,” harap Hadi.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...