Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Lumpur dan Tanah Menyumbat Saluran Drainase Kota Purwodadi

Pekerja sedang membongkar saluran drainase di Jalan R Suprapto Purwodadi, untuk mengangkat tanah dan lumpur yang menyumbat saluran air. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Kurang lancarnya drainase di kawasan kota Purwodadi, khususnya di sepanjang Jalan R Suprapto mulai diketahui penyebabnya. Yakni, banyaknya sedimentasi tanah yang berada di dalam saluran drainase yang diatasnya digunakan untuk trotoar tersebut.

Adanya sedimentasi tanah itu terlihat saat dilakukan penataan saluran drainase sejak beberapa hari lalu. Dari tiap titik penutup trotoar yang dibongkar ada banyak karung plastik berisi tanah.

“Tanah yang ada di dalam saluran ini kita keruk dan dimasukkan karung plastik. Lumayan banyak tanah dan lumpur yang ada dalam saluran,” kata beberapa pekerja penataan saluran drainase tersebut.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Grobogan Subiyono menyatakan, sejak beberapa hari lalu, pihaknya memang sedang melakukan kegiatan pemeliharaan rutin saluran drainase di kawasan kota. Untuk tahap awal, ada beberapa saluran yang dibenahi karena disepanjang jalan tersebut sering ada genangan air hujan.

“Saluran di jalan R Supraprto, Tendean, Suhada, dan bundaran simpang lima akan kita prioritaskan lebih dulu. Soalnya, disitu sering mampet karena air dari jalan tidak bisa masuk ke drainase,” jelasnya.

Selain pengerukan tanah yang ada di dalam saluran, pekerja juga diminta membuat lubang atau bak kontrol. Tujuannya untuk memudahkan pengecekan adanya sumbatan ketika genangan air dijalan tidak bisa masuk ke dalam saluran.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...