Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Disparbud Jepara : Desa Wisata Perlu Bikin Paket Wisata

Pantai Bandengan. Salah satu potensi wisata yang dimiliki Jepara. (MuriaNewsCom)

MuriaNewsCom,Jepara – Untuk meningkatkan pelayanan wisatawan yang berkunjung ke Jepara, desa wisata di Jepara diminta untuk paket wisata. Hal itu disampaikan Kabid Destinasi Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jepara Zamroni Listiaza.

Menurutnya, dengan adanya paket wisata, pengunjung akan lebih lengkap menikmati wisata di tempat yang dikunjunginya. Bukan hanya sekadar wisata alam atau sejarah, tetapi, wisatawan juga bisa menikmati kuliner khas desa setempat.

“Misalkan saja di Desa Tempur,Kecamatan Keling. Di sana ada panorama alam. Nah, pengelola wisata harus bisa membuat paket wisata. Sehingga pengunjung tidak hanya menikmati alamnya saja, tetapi juga bisa menikmati kuliner khas tempur, cara menanam padi secara tradisional dan lainya,” katanya.

Dirinya menyatakan, setidaknya di Jepara ada sembilan desa yang mempunyai wisata yang menarik untuk bisa diekspos ke luar. Di antaranya yakni Desa Tempur,Kecamata Keling yang mempunyai wisata alam pegunungan, Desa Plajan, Kecamatan Pakis Aji mempunyai wisata Gong Perdamaian, akar seribu dan rumah kaca. Kemudian ada Desa Bandengan yang mempunyai wisata pantai, Mulyoharjo mempunyai sentra patung, Petekeyan mempunyai sentra ukir, Troso mempunyai sentra tenun, Karimunjawa dan Kemojan juga mempunyai wisata alamnya berupa pantai.

“Dengam adanya paket wisata, secara otomastis para pengunjung akan bisa merasa teredukasi, bukan berwisata saja. Misalkan saja, di Plajan, itu menurut pengamatan sudah mulai memberikan paket wisata. Dengan cara seperti itu, akan bisa saling mendongkrak tempat lainnya yang belum dikenal oleh masyarakat,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...