Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Di Lorong Penjara, Tahanan Polres Grobogan Belajar Ilmu Agama

571
Puluhan tahanan mengikuti kajian ilmu agama di lorong ruang tahanan Mapolres Grobogan. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Meski terjerat kasus hukum namun pihak Polres Grobogan memberikan perhatian khusus terhadap para tahanan yang mendekam di dalam jeruji besi. Caranya, dengan menggembleng para tahanan tersebut dengan pendidikan agama lewat kegiatan rutin bimbingan rohani.

“Pendidikan agama ini rutin dilangsungkan tiap hari Jumat. Dalam acara ini, kita hadirkan ustaz juga bertugas menyampaikan tausiyah tentang akhlak dan hidup bermasyarakat,” ujar Kapolres Grobogan  AKBP Agusman Gurning didampingi Kasat Tahti Iptu Muslih, Jumat (24/2/2017).

Menurut Muslih, salah satu hal yang paling ditekankan terhadap tahanan itu adalah pendidikan agama. Sebab, hal itu dirasa akan bisa memperbaiki moral mereka yang kebanyakan terjerat kasus hukum karena tindak pencurian dan perjudian.

Selain pendidikan agama, pihaknya juga sangat memperhatikan kewajiban salat lima waktu pada tahanan. Saat azan dari Masjid Mapolres Grobogan berkumandang, petugas mengingatkan mereka untuk segera menunaikan salat di dalam ruang tahanan seluas 5 x 5 meter itu. Biasanya, salat itu dilakukan berjamaah, dengan salah satu di antaranya bertindak menjadi imam.

“Kita berharap melalui pembinaan rohani dan mental diharapkan mampu menyadarkan para tahanan agar bertobat. Sehingga ketika bebas nanti tidak mengulangi perbuatan yang melawan hukum,” imbuhnya. 

Editor : Akrom Hazami

Ruangan komen telah ditutup.