Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

3  Anjing Pelacak Polres Grobogan Disuntik

Petugas Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Grobogan memeriksa kesehatan anjing pelacak di mapolres setempat. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Dokter hewan dari Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Grobogan didatangkan ke mapolres setempat, Kamis (23/2/2017). Tujuannya untuk menangani tiga anjing pelacak milik Polres Grobogan.

Penanganan tim medis hewan itu bukan lantaran anjing-anjing tersebut mengidap penyakit. Tetapi, untuk memberikan suntikan vaksin rabies pada hewan yang berada di bawah penanganan unit Sabhara tersebut.

“Tiga anjing ini kondisinya sehat semua. Cuma, kita minta disuntik vaksin rabies untuk langkah pencegahan. Soalnya, di beberapa daerah sedang ada wabah rabies. Jadi, kita perlu berhati-hati jangan sampai hewan yang kita pelihara terkena penyakit itu,” kata Kasat Sabhara AKP Lamsir.

Dalam merawat anjing tersebut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Yakni, menjaga kebersihan kandang dan lingkungan di sekitarnya agar anjing tersebut bisa hidup dengan sehat dan tenang.

Tidak kalah pentingnya adalah melangsungkan latihan pada anjing-anjing tersebut diluar ruangan. Soalnya, pada dasarnya sifat anjing tersebut tidak suka hidup di dalam ruangan.

“Masalah ini harus betul-betul diperhatikan. Jika penanganan sesuai standar maka maka pada saat diterjunkan dilapangan anjing tersebut akan melaksanakan tugasnya dengan maksimal,” jelasnya.

Lebih lanjut Lamsir menerangkan, ketiga anjing yang dimiliki punya spesifikasi yang berbeda. Anjing yang pertama jenis Golden Red River berumur 2,5 tahun punya spesifikasi pelacakan umum.

Anjing kedua  jenis Rottweiler umur 2 tahun dan punya spesifikasi melacak narkoba. Sedangkan anjing ketiga berjenis Albino Dobermen yang berumur 2,5 tahun memiliki spesialisasi menghalau massa saat ada unjuk rasa. “Ketiga anjing itu sudah ada disini sekitar 1,5 tahunan,” imbuhnya.

Editor : Akrom Hazami

 

Comments
Loading...