Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Awal Maret, Sampah di Pantai Teluk Awur Jepara Bakal Dibersihkan

Kondisi Pantai Teluk Awur Jepara yang masih dipenuhi oleh sampah. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Jepara – Rencananya, pada awal Maret mendatang, sampah yang berada di Pantai Teluk Awur, Kecamatan Tahunan, Jepara, bakal dibersihkan. Pada awal bulan tersebut, dinilai cuaca ekstrem dan ombak besar sudah mulai normal.

Plt. Carik Desa Teluk Awur Rohman mengatakan, pihaknya mengakui bahwa pembersihan Pantai Teluk Awur menunggu ada event tertentu atau juga pada waktu tertentu.

“Setiap tahun kita membersihkan sebanyak 3 kali. Yakni pada saat sebelum Syawalan, menjelang tahun baru, dan seusai musim baratan selesai. Misalkan saja saat musim baratan dilakukan pembersihan, kami kira itu percuma. Sebab datangnya sampah, juga kebanyakan dari tengah laut yang dibawa oleh ombak,” paparnya.

Dari pantauan MuriaNewsCom, tumpukan sampah yang memenuhi sepanjang Pantai Teluk Awur tersebut menggunung sejak bulan Januari 2017 hingga saat ini.

“Menjelang tahun baru, kita sudah membersihkannya. Dan hasilnya, sampah yang kita bersihkan ada sekitar 3 hingga 4 truk. Pembersihan ini, agar bisa membuat nyaman bagi wisatawan yang berkunjung ke pantai,” ungkapnya.

Dia melanjutkan, setelah tahun baru hingga saat ini memang belum dilakukan pembersihan, lantaran masih ada cuaca ekstrem. Karena dengan cuaca dan ombak itu, Sehingga, untuk membersihkannya dilakukan setelah musim baratan selesai.

Untuk membersihkan pantai, biasanya dilakukan oleh warga Teluk Awur, Karang Taruna, maupun mengajak  komunitas yang ada di Jepara. Terlebih juga akan berkoordinasi dengan dinas terkait.

“Untuk kebersihan ini tentunya akan dilakukan oleh warga. Sebab potensi wisata ini juga masih dikelola oleh pihak desa. Sehingga, semua warga harus bisa terlibat. Selain itu, nantinya juga akan berkoordinasi dengan Dinas Kebersihan. Supaya pihak dinas bisa menyediakan truk sampah, maupun alat-alat kebersihan yang akan digunakan,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

 

Comments
Loading...