Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

16 Sekolah Bakal Ambil Bagian di  Parade Seni Grobogan 2017

Para peserta Parade Seni Grobogan 2017 saat melangsungkan temu teknik di kantor Disporabudpar Rabu (22/2/2017). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan –  Even Parade Seni Grobogan kembali bakal digelar pada tahun 2017. Sebanyak 16 sekolah sudah memastikan akan ambil bagian dalam even tahunan tersebut.

“16 sekolah yang jadi peserta berasal dari tingkatan SMP dan SMA, baik negeri dan swasta. Pelaksanaan parade akan dilangsungkan 6 Maret mulai jam 13.00 WIB,” kata Kabid Kebudayaan Disporabudpar Grobogan Marwoto, usai melangsungkan temu teknik dengan peserta parade seni, Rabu (22/2/2017).

Dijelaskan, parade seni akan diawali dari depan pintu gerbang pendapa kabupaten. Kemudian, peserta berjalan melewati jalan Jendral Sudirman, S Parman dan R Suprapto. Untuk lokasi finish ditempatkan di SMAN 1 Purwodadi.

Menurut Marwoto, jumlah peserta yang terlibat dalam parade seni mencapai 500 orang. Sebab, tiap kontingen parade berkekuatan 40-50 orang. Terdiri dari penari dan penabuh iringan.

Untuk materi parade disuguhkan dalam bentuk tarian dan ditenankan untuk mengacu pada nilai kearifan lokal. Tiap peserta nantinya diberi kesempatan unjuk gelar dua kali.

Yakni, di depan panggung kehormatan tempat pemberangkatan peserta dan di lokasi finish.

“Masing-masing unjuk gelar durasinya 4 menit. Jadi, setelah unjuk gelar pertama dilanjutkan pawai di jalan dan sebelum selesai peserta kita kasih kesempatan untuk unjuk gelar kedua,” jelasnya.

Marwoto menambahkan, ada beberapa tujuan digelarnya even parade seni tersebut. Antara lain, untuk menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan masyarakat pada budaya sendiri.

Selain itu, parade seni juga disiapkan sebagai ajang bagi para seniman, untuk menyalurkan kreasi dan meraih prestasi. Dalam even ini, pihak panitia menyediakan pula hadiah uang tunai bagi para juara.

“Selain itu, kegiatan ini juga dalam rangka persiapan untuk mengikuti even parade seni tingkat Jateng. Untuk even Jateng biasanya dilangsungkan bulan September,” katanya.

Editor : Akrom Hazami

 

Comments
Loading...