Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Meski saat Ini Cerah, Warga Diminta Tetap Waspada Cuaca Ekstrem yang Bisa Terjadi Tiba-tiba

Ilustrasi

MuriaNewsCom, Jepara – Dalam beberapa hari terakhir ini cuaca di wilayah Jepara cerah. Namun demikian, warga tetap diminta tetap waspada, jika sewaktu-waktu cuaca berubah dan cuaca buruk bisa terjadi dan berpotensi berpotensi menimbulkan bencana.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jepara Lulus Suprayetno melalui Kasi Kedaruratan dan Logistik Pujo Prasetyo mangatakan,menginjak akhir Februari ini, cuaca jauh lebih cerah dibandingkan dengan awal Februari dan sebelumnya. “Intensitas hujan berkurang drastis. Hujan yang turun pun tidak terlalu deras,” katanya.

Sementara itu, berdasarkan data Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops-PB) BPBD Jepara yang mengacu pada prakiraan cuaca BMKG, curah hujan di wilayah Jepara sudah mulai berkurang. Dari sebelumnya berstatus sangat tinggi, saat ini hanya berstatus tinggi. Yakni dengan debit air hujan sebanyak 301-400 milimeter/detik. Curah hujan yang sangat tinggi bergeser ke wilayah tengah Provinsi Jateng.

“Secara lapangan dan berdasarkan data prakiraan cuaca memang ada kecocokan. Ada pengurangan intensitas. Tapi dengan status intensitas hujan masih tinggi, warga masih harus waspada,” ungkapnya.

Dia mencontohkan, adanya dua peristiwa perahu nelayan yang pecah beberapa hari lalu menunjukkan jika cuaca buruk masih bisa datang sewaktu-waktu. Kejadian pada Kamis (16/2/2017) pekan lalu itu, terjadi saat kondisi cuaca tengah sangat baik di sebagian besar wilayah Jepara.

Menurutnya, dimungkinkan pula nelayan tersebut melaut lantaran melihat kondisi cuaca cerah itu. Tapi ternyata di tengah laut cuaca tiba-tiba memburuk. Dari dua kejadian itu, tiga nelayan berhasil menyelamatkan diri. Dua ditemukan tewas dan satu masih hilang.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...