Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Peringati Boden Powell Day, Pramuka Grobogan “Panen” Paku Bekas 5 Kg

Anggota Pramuka Kwarcab Grobogan mencabuti paku dari pohon di sekitar kawasan Alun-alun Purwodadi, Rabu (22/2/2017). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Puluhan anggota Pramuka Kwarcab Grobogan berhasil mengumpulkan paku bekas sekitar 5 kilogram (Kg). Paku sebanyak itu didapat saat mereka menggelar aksi peduli lingkungan di sekitar kawasan Alun-alun Purwodadi, Rabu (22/2/2017). Aksi dilakukan dengan mencabuti paku yang menancap pada pohon penghijauan,

Meski dengan alat sederhana, seperti tang dan catut, para pramuka terlihat sangat bersemangat dan sekuat tenaga mencongkel paku-paku itu. Beberapa orang terpaksa naik ke punggung temannya untuk mencabut paku yang posisinya agak tinggi.

“Kurang lebih ada 5 kilogram paku bekas yang didapat dalam aksi tadi. Total ada 80 orang yang terlibat dalam kegiatan tadi,” kata Ketua Pramuka Peduli Kwarcab Grobogan Lulun Surono.

Menurutnya, aksi peduli lingkungan tersebut dilangsungkan dalam rangka memperingati Hari Boden Powell yang jatuh pada hari ini. Kegiatan itu merupakan kerja sama antara Kwarcab Grobogan dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Grobogan. Aksi peduli juga diikuti oleh 80 orang peserta anggota Pramuka Penegak dari anggota Pramuka Satuan Karya Wanabakti, Saka Wirakartika, Saka Kalpataru, UBALOKA, DKC Grobogan dan Pramuka SMA PGRI Purwodadi.

Humas Kwarcab Agus Winarno menambahkan, aksi peduli itu juga dimaksudkan jadi sarana edukasi kepada masyarakat supaya ikut peduli terhadap fungsi serta manfaat pohon penghijauan. Dengan adanya pemasangan baliho atau poster iklan di pohon dengan menggunakan paku akan membuat pohon jadi rusak, stres dan kehilangan fungsinya semula.

“Aksi yang kita lakukan memang hanya sederhana. Namun, kami berharap aksi ini membuat fungsi pohon bisa kembali normal,” tegasnya.

Sementara itu, Kasi Pemeliharaan Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Grobogan Lilik Uniarto mengaku salut dengan kepedulian anggota pramuka untuk ikut memelihara pohon penghijauan yang ada di Purwodadi. Dia berharap, dari aksi ini bisa muncul kepedulian dari banyak pihak untuk ikut menjaga lingkungan.

Editor : Akrom Hazami

 

Comments
Loading...