Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Perbaikan Ruas Jalan Rusak Jalur Purwodadi-Kudus Bakal Dikerjakan Maret

 

Warga beraktivitas dengan melitas di jalan rusak di jalur Purwodadi-Kudus, Rabu.  Dalam waktu dekat, jalan rusak akan segera diperbaiki. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Jika tidak ada kendala, perbaikan ruas jalan rusak di jalur Purwodadi-Kudus bakal dikerjakan Maret mendatang. Hal itu disampaikan Kasi Jalan pada Balai Pelaksana Teknis Jalan (BPTJ) Dinas PU, Bina Marga dan Cipta Karya Jateng Wilayah Purwodadi, Purwadi, ditemui wartawan di lokasi perbaikan jalan Gajah Mada, Rabu (22/2/2017).

Menurut Purwadi, saat ini, masih dalam tahapan proses lelang. Diperkirakan, pada pertengahan Maret sudah ada penandatanganan kontrak kerjanya.

“Proses lelangnya sedang berjalan. Kita harapkan pada pertengahan Maret sudah dimulai perbaikannya,” jelasnya.

Perbaikan ruas jalan yang berlubang di jalur Purwodadi-Kudus akan dilakukan dengan cara pembetonan ulang. Titik yang berlubang akan dipotong dan dilapisi lagi dengan beton baru. Ruas jalur yang rusak mulai dari pertigaan Kecamatan Grobogan hingga wilayah Kecamatan Klambu.

Beberapa waktu sebelumnya, Kepala BPTJ Dinas PU, Bina Marga dan Cipta Karya Jateng Wilayah Purwodadi Barkah Widiharsono mengatakan, pada ruas jalan tersebut sedikitnya ada 40 titik kerusakan. Setiap titik jalan yang rusak memiliki lebar tiga meter dan panjang enam meter. Titik kerusakan ini akan ditangani dengan mengganti beton pada jalan yang rusak parah. Kemudian untuk jalan yang tingkat kerusakannya lebih ringan akan ditambal langsung menggunakan kerikil, pasir dan semen.

“Perbaikan jalan rusak di 40 titik akan diprioritaskan lebih dulu untuk mengurangi tingkat kerusakan. Untuk kerusakan yang tidak terlalu parah akan ditambal dulu,” kata Barkah.

Menurut Barkah ada beberapa faktor yang menyebabkan jalan itu rusak. Antara lain, tonase kendaraan yang melintasi di atas kelas jalan, kontur tanah dan kualitas serta umur jalan yang sudah lama.

“Ada banyak faktor yang membuat jalan jadi rusak. Kami sudah pasang spanduk permintaan maaf dan pemberitahuan kalau kondisi jalan akan segera ditangani,” imbuhnya.

Editor : Akrom Hazami

Comments
Loading...