Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tahun Ini, Bantuan Buat Lembaga Pendidikan Keagamaan di Grobogan masih Dikucurkan

Kabag Kesra Pemkab Grobogan Moh Arifin menyampaikan pengarahan pada lembaga keagaman dan lembaga pendidikan keagamaan non formal penerima bantuan. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Pemkab Grobogan pada tahun 2017 ini masih akan menyalurkan bantuan buat lembaga keagamaan dan lembaga pendidikan keagamaan nonformal. Hal itu disampaikan Kabag Kesra Pemkab Grobogan Moh Arifin pada wartawan, Selasa (21/2/2017).

“Dalam waktu dekat, bantuan akan segera kita salurkan pada penerima. Senin kemarin, kita sudah melaksanakan sosialisasi pada para penerima bantuan di pendapa,” katanya.

Jumlah lembaga pendidikan keagamaan non formal yang dapat bantuan sosial ada 1.780 lembaga. Seperti madrasah diniah, pondok pesantren, TPQ, sekolah minggu dan vihara.

Besarnya nominal yang didapat berkisar Rp 750 ribu sampai Rp 5 juta. Hal ini tergantung dari jumlah guru dan muridnya. Oleh lembaga penerima, bantuan ini nantinya akan diberikan pada guru pengajar.

“Jumlah penerima bantuan sosial ini tersebar disemua kecamatan Tahun lalu, jumlah penerima bantuan ada 2.134 lembaga. Tahun ini turun jumlahnya jadi 1.780 lembaga,” jelasnya.

Menurutnya, tahun-tahun sebelumnya, bantuan itu disalurkan dalam bentuk dana hibah. Tetapi, sekarang bentuknya berupa bantuan sosial. Jika berbentuk dana hibah maka penyaluran akan terbentur pada peraturan yang berlaku. Dimana, penerima dana hibah harus punya badan hukum. Kemudian, penyaluran dana hibah tidak boleh dilakukan tiap tahun secara berurutan.

Arifin menambahkan, selain bantuan sosial, ada juga bantuan hibah fisik untuk lembaga keagamaan. Seperti musala, madin, TPQ, masjid, gereja, dan vihara. Jumlah penerima ada 28 lembaga. Adapun besarnya bantuan mulai Rp 10-70 juta.

“Saat ini, para penerima bantuan kita minta mempersiapkan berkas yang diperlukan. Nanti, dananya akan langsung ditransfer ke rekening lembaga tersebut,” imbuh mantan Camat Ngaringan itu. 

Editor : Akrom Hazami

Comments
Loading...