Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Selain di Pati, 4 Paslon yang Diusung Demokrat Menang pada Pilkada 2017 di Jateng


Ratusan kader Partai Demokrat Pati menghadiri sosialisasi empat pilar di salah satu hotel di Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Lima dari tujuh pasangan calon yang diusung Partai Demokrat memenangkan pilkada yang berlangsung 15 Februari 2017 di Jawa Tengah. Hal itu disampaikan Wakil Ketua DPP Partai Demokrat Djoko Udjianto di sela-sela kunjungannya di sejumlah tempat yang terdampak banjir di Pati, Selasa (21/2/2017).

Kelimanya adalah Kabupaten Pati, Brebes, Cilacap, Banjarnegara, dan Salatiga. Sementara itu, dua paslon yang diusung Partai Demokrat di Jepara dan Batang mengalami kekalahan pada perhitungan real count yang dilakukan KPU.

“Awalnya, kita punya target memenangkan paslon yang diusung sebanyak 35 persen. Namun, sebuah kejutan muncul di Jawa Tengah. Lima dari tujuh paslon yang diusung Demokrat menang. Artinya, Partai Demokrat di Jawa Tengah mengalami 70 persen kemenangan pada Pilkada 2017,” ujar Djoko.

Kendati hal itu didasarkan pada real count, tetapi pihaknya masih tetap menunggu hasil perhitungan manual yang dilakukan KPU. Dia berharap, kemenangan lima paslon yang diusung di Jawa Tengah bisa menjadi modal bagi Partai Demokrat untuk meraih kemenangan pada Pileg dan Pilpres 2019.

“Kader kita betul-betul solid dan sadar bahwa kita akan meraih kemenangan kembali pada 2019. Saya melihat kader sudah betul-betul militan. Saya berharap, Demokrat bisa meraih kembali kemenangan dengan cara Pemilu yang berbudaya dan demokratis,” ucapnya.

Di Pati, Demokrat berhasil memenangkan paslon tunggal Haryanto-Saiful Arifin bersama tujuh parpol lainnya seperti PDIP, Golkar, Gerindra, Hanura, PKB, PPP, dan PKS. Suksesi paslon tunggal sempat mendapatkan perlawanan dari relawan kotak kosong, kader Partai NasDem, dan beberapa kader parpol pengusung yang sempat ditengarai mengalami perpecahan seperti PKB dan PDIP.

Kendati perlawanan untuk paslon tunggal sempat berlangsung sengit, tetapi Haryanto-Arifin berhasil meraih 74,52 persen dan kotak kosong 25,48 persen dalam hitungan real count KPU Pati. Perolehan suara Haryanto-Arifin tersebut berada di bawah dari target 80 hingga 90 persen suara.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...