Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kader Demokrat di Pati Diminta Perdalam Wawasan Pancasila

Anggota DPR RI Djoko Udjianto (kiri) meminta kepada kader Demokrat di Pati untuk memperdalam wawasan Pancasila, Senin (20/2/2017). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Ribuan kader Partai Demokrat di Pati diminta untuk memperdalam wawasan Pancasila. Pemahaman yang mendalam terhadap Pancasila diharapkan bisa ikut memperkuat NKRI di tengah gelombang isu SARA yang menerpa NKRI, baru-baru ini.

Hal itu ditegaskan Anggota MPR RI Dr Djoko Udjianto dalam Sosialisasi 4 Pilar Berbangsa dan Bernegara: Penegasan Pancasila sebagai Dasar Negara, Ideologi Bangsa dan Negara di Hotel Gitrary Perdana, Pati, Senin (20/2/2017). “Kader Partai Demokrat harus bisa mengamalkan Pancasila d tengah situasi bangsa yang diterpa badai isu SARA dalam beberapa waktu terakhir,” ucap Djoko.

Menurutnya, Pancasila diciptakan para founding fathers bangsa sebagai perekat, dasar negara yang landasan hukumnya sangat kuat. Pancasila diciptakan sebagai dasar negara, karena realitas kehidupan Indonesia yang serba plural, majemuk dan berbeda-beda.

Karenanya, butuh alat pemersatu yang menyatukan negara-bangsa yang terdiri dari beragam agama, suku, ras, bahasa dan budaya. Alat pemersatu bernama Pancasila itulah yang menurutnya harus dirawat demi keberlangsungan NKRI di masa depan.

“Di negara lain, negara yang tidak majemuk saja bisa bercerai-berai. Di Indonesia, negara yang sangat kaya akan keberagaman ini bisa bersatu dalam ikatan Pancasila. Tak jarang, beberapa negara lain datang ke Indonesia untuk belajar Pancasila sebagai pengikat keberagaman. Sebagai Wakil Ketua Partai Demokrat, saya menyampaikan pesan dari Bapak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) agar kader partai Demokrat di Pati bisa mendalami dan mengamalkan Pancasila,” kata Djoko.

Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Pati Joni Kurnianto mengaku siap menginstruksikan para kadernya untuk lebih mendalami Pancasila. Dengan demikian, kader Demokrat diharapkan tidak hanya paham politik saja, tetapi juga tahu hak dan kewajiban berbangsa, bernegara, serta bermasyarakat.

“Pancasila akan menjadi landasan bagi kader Demokrat untuk berpolitik, sehingga terwujud politik yang bermartabat. Dengan Pancasila, kami ingin Pati tercipta iklim yang aman, adil dan sejahtera. Politik mesti menjunjung tinggi semangat persatuan, keadilan sosial, demokratis, dan nilai-nilai Pancasila lainnya,” tandas Joni.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...