Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Terpengaruh Berita Hoax, Ini Klarifikasi Mendagri yang Sebut Kotak Kosong Menang di Pilkada Pati

PILKADA PATI

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tjahjo Kumolo (Foto/Humas Kemendagri)

MuriaNewsCom, Pati – Publik di Kabupaten Pati dikejutkan dengan pernyataan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tjahjo Kumolo terkait dengan kemenangan kotak kosong pada Pilkada Pati yang dimuat di sejumlah media. Namun, Tjahjo akhirnya memberikan klarifikasi.

“Sudah diklarifikasi. Pasangan calon tunggal yang menang. Itu pemberitaan awal yang menunjukkan kotak kosong saja bisa mencapai suara banyak. Berita online juga ada yang sebutkan, ternyata hoax bahwa berita tersebut salah,” ujar Tjahjo, Kamis (16/2/2017).

Tjahjo juga menegaskan, pernyataannya tersebut pada saat perhitungan sementara. Meski belum ada keputusan KPU yang menunjukkan pasangan calon tunggal menang mutlak dari kotak kosong, tetapi pernyataan itu disampaikan pada awal perhitungan sementara.

“Kalau ada berita klarifikasi saya, saya kirim. Ada tim Kemendagri yang memantau TPS-TPS di Pati memposting TPS yang pemilih kotak kosong besar pilihannya. Itu baru penghitungan awal,” ucap Tjahjo.

Mendagri RI Nyatakan Kemenangan Kotak Kosong, Ketua PDIP Pati Bereaksi Keras


Karena itu, pihaknya berharap kepada semua pihak untuk memaklumi bila ada kesalahpahaman dalam mengartikan pernyataan tersebut. Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap mengutamakan kondusivitas pascapilkada.

Dari hasil hitung TPS (form C1) KPU Kabupaten Pati, paslon tunggal Haryanto dan Saiful Arifin mendapatkan 74,52 persen suara dan kotak kosong memperoleh 25,48 persen suara. Data tersebut diperoleh dari proses entri data model C1 yang belum ditetapkan KPU secara final.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...