Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Desa Gunungsari Pati Kembali Dilanda Bencana Longsor

Warga bersama dengan anggota TNI menevakuasi tanah longsor di Desa Gunungsari, Tlogowungu, Pati, Kamis (16/2/2017). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Bencana tanah longsor kembali terjadi di kawasan Desa Gunungsari, Kecamatan Tlogowungu, Pati, Rabu (15/2/2017) malam. Curah hujan yang tinggi menyebabkan sebuah tebing di pinggir jalan Dukuh Polingan mengalami longsor.

Akibatnya, akses jalan menuju perkampungan sempat terputus. Namun, longsoran tanah bisa segera dievakuasi setelah penduduk setempat bersama dengan anggota TNI dan polisi bahu-membahu membersihkan bekas longsor.

“Kami mendapatkan informasi adanya sebuah tebing yang longsor di Dukuh Polingan. Tanah longsor sempat menutup akses jalan penduduk setempat. Karena itu, kami langsung berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk melakukan evakuasi,” ujar Babinsa Gunungsari, usai mengevakuasi bekas longsor, Kamis (16/2/2017).

Kondisi longsor cukup parah hingga menutup jalan sepanjang 50 meter. Kondisi tersebut yang membuat Koramil 13/Tlogowungu menambahkan anggotanya untuk ikut terjun, bersama-sama warga mengevakuasi tanah longsor.

Danramil 13/Tlogowungu Kapten Arm Ekut S mengatakan, tanah longsor beberapa kali terjadi di daerah tersebut, karena kondisi geografis di perbukitan. Diperkirakan, tanah di sejumlah tebing tidak terikat kuat oleh akar tanaman sehingga gembur saat terkena paparan hujan dengan intensitas tinggi.

Beberapa waktu lalu, sejumlah pihak sudah melakukan penanaman ribuan pohon di desa tersebut. Hal itu diharapkan agar kawasan perbukitan yang menjadi akses jalan penduduk atau pemukiman tidak mudah terjadi longsor.

“Kami imbau kepada warga Desa Gunungsari untuk menggalakkan penanaman pohon keras. Akar pohon berfungsi sebagai pengikat tanah sehingga tidak mudah longsor saat hujan dan tidak mudah kekeringan saat kemarau,” imbau Kapten Arm Ekut.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...