Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

‘Curi’ Perhatian Warga, Petugas TPS 5 Kelurahan Panggang Jepara Kenakan Pakaian Adat Jawa

PILKADA JEPARA

Petugas di TPS 5 Kelurahan Panggang, Jepara yang mengenakan pakaian adat Jawa. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Jepara – Rabu (15/2/2017) pagi ini pemungutan suara pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak di 101 daerah, termasuk di Kabupaten Jepara, digelar.

Dari pantaua MuriaNewsCom di beberapa tempat pemungutan suara (TPS), ada di antaranya yang cukup unik. Seperti halnya di TPS 5 Kelurahan Panggang, Kecamatan Jepara.

Di TPS ini, petugas pemungutan suara terlihat mengenakan pakaian adat Jawa berupa kemeja surjan berwarna cokelat gelap dan blangkon.”Ini sebagai salah satu cara bagi kami untuk mengenalkan budaya Jawa kepada para remaja,”  ujar Ketua TPS 5 Iskandar.

Ia katakan, untuk di TPS 5, hingga sekitar pukul 09.45 WIB, dari 373 jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT), sudah ada sekitar 35 persen warga yang menggunakan hak pilihnya.

Hal serupa juga terlihat di TPS 7 Desa Mulyoharjo, Kecamatan Jepara. Di TPS tersebut, petugas TPS juga mengenakan pakaian adat Jawa berupa jas warna hitam, blangkon. Dan tak kalah menariknya, TPS juga diberikan hiasan janur kuning serta ada iringan musik khas Jawa.

Ketua TPS 7 Mulyoharjo Aris Yulianto mengemukakan, pakaian yang dikenakan petugas tersebut sengaja dipinjam dari salon. “Ini juga kami siapkan untuk menyambut kedatangan Pak Gubernur Ganjar yang dijadwalkan meninjau TPS ini nanti siang,” kata Aris.

Dia melanjutkan, untuk lantunan musik Jawa, diharapkan dapat menghibur warga yang menggunakan hak pilihnya dan tidak bosan ketika mengantre untuk dipanggil.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...