Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

2 Titik Longsor Ada di Jalur Gubug-Salatiga, Pengguna Jalan Wajib Waspada

Kasat Lantas Polres Grobogan AKP Panji Gedhe Prabawa saat mengecek kondisi bahu jalan yang longsor di wilayah Kedungjati. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Para pengguna jalan dari arah Gubug menuju Salatiga sebaiknya berhati-hati. Sebab, di ruas jalan milik Pemprov Jateng itu terdapat dua titik longsor yang kondisinya sangat membahayakan pengguna jalan. Terutama kendaraan berat yang mengangkut muatan.

“Saya sudah melakukan pengecekan ke lokasi longsor dan kondisinya memang cukup membahayakan. Kondisi ini, sudah saya koordinasikan dengan Dinas Bina Marga Jateng supaya segera ditangani,” kata Kasat Lantas Polres Grobogan AKP Panji Gedhe Prabawa, Selasa (14/2/2017).

Guna menghindari pengguna jalan mengalami celaka, pihaknya sudah memasang rambu peringatan dari kedua arah, sebelum masuk titik longsoran. Selain itu, di atas cor beton jalan di sepanjang titik longsoran dikasih batu dan tong dengan tujuan agar kendaraan tidak mengambil jalur terlalu ke pinggir. Peringatan pada pengendara mengenai kondisi jalan yang membahayakan sudah kita lakukan. Kita harapkan, longsorannya segera ditangani dinas terkait,” sambung Panji.

Dari pantauan di lapangan, longsoran tersebut bukan menimpa jalan dengan konstruksi beton. Tetapi pada bahu jalan di pinggirnya. Bahu jalan yang longsor membentuk seperti goa dan menjorok hingga ke bawah konstruksi beton. Jika kendaraan berat melintas, beton jalan kemungkinan bisa patah karena tanah penahan di bawahnya tergerus longsor.

Longsornya bahu jalan itu ada dua titik. Titik pertama di km 13 dari arah Gubug dan berada di kanan jalan. Kemudian, di km 13,5 ada longsoran lagi di sebelah kiri jalan. Bahu jalan yang longsor ini masuk wilayah Kecamatan Kedungjati. Dari Kecamatan Kedungjati titik longsor ini berjarak sekitar 2 km ke arah utara.

Jika melintasi di atas jalan tersebut hanya terlihat longsoran bahu jalan saja. Sedangkan untuk melihat tanah bagian bawah jalan yang longsor menyerupai goa harus turun ke bawah terlebih dahulu. “Longsornya bahu jalan ini terjadi beberapa hari lalu. Kemungkinan akibat guyuran hujan dalam beberapa hari terakhir yang intensitasnya memang cukup tinggi. Kepada para pengguna jalan yang melintas di sini harap hati-hati,” imbuh Kapolsek Kedungjati AKP Sapto.

Editor :Akrom Hazami

Comments
Loading...