Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Wartawan Grobogan Ajak Bupati dan Kapolres Perangi Hoax

Bupati Grobogan Sri Sumarni bersama jajaran pejabat membagi-bagikan stiker imbauan soal antihoax, dalam acara car free day, Minggu (12/2/2017). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Wartawan yang bertugas di Kabupaten Grobogan, kembali menggelar peringatan Hari Pers Nasional (HPN), Minggu (12/2/2017).

Kali ini, wartawan bekerjasama dengan Polres Grobogan menggelar acara di arena car free day (CFD), di Jalan R Suprapto Purwodadi. Kegiatan yang dilakukan adalah melakukan serangkaian sosialisasi pada masyarakat. Mulai dari tertib berlalu lintas, antinarkoba, antiradikalisme, dan memerangi berita hoax.

Bupati Grobogan Sri Sumarni dan Kapolres Grobogan AKBP Agusman Gurning bersama sejumlah kasat dan pejabat, menyempatkan hadir dalam acara yang dimulai pukul 06.00-09.00 WIB tersebut. Para pejabat itu, bahkan ikut membagikan stiker pada pengunjung yang lewat di lokasi kegiatan.

”Dalam kegiatan itu, sedikitnya ada 1.000 stiker yang disiapkan dan dibagikan pada masyarakat. Acara bagi stiker merupakan salah satu bentuk dukungan kita pada jajaran kepolisian untuk memerangi berita hoax, mengajak warga tertib berlalu lintas, dan menjauhi narkoba,” ungkap Sekretaris Panitia HPN Felex Wahyu.

Acara yang berlangsung di bawah suasana mendung dan gerimis juga dimeriahkan beberapa hiburan. Yakni, penampilan musisi jalanan Purwodadi dan peragaan batik carnival. Dukungan peringatan HPN di CFD juga diberikan puluhan anggota Kwarcab Grobogan, dan anggota kepolisian dalam bakti sosial donor darah.

Beberapa hari sebelumnya, panitia HPN sudah melangsungkan kegiatan di pendapa kabupaten. Yakni, menggelar acara sarasehan bersama bupati dan jajaran FKPD serta kepala SKPD, BUMD dan instansi vertikal yang ada di Grobogan.

Kapolres Agusman Gurning menambahkan, salah satu persoalan yang sedang mencuat saat ini adalah soal banyaknya berita hoax. Untuk itu, ia meminta supaya wartawan menjadi benteng terdepan melawan berita hoax.

”Kami minta agar rekan-rekan wartawan bisa mencari berita dari sumber yang jelas, dan dicek dulu dengan cermat. Hal ini bertujuan supaya berita yang ditampilkan bisa dipercaya kebenarannya. Jangan sampai bikin berita hoax,” tegasnya.

Penampilan sejumlah model dalam memeragakan batik dalam acara Hari Pers Nasional, di ajang car free day Grobogan, Minggu (12/2/2017). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Sementara Bupati Grobogan Sri Sumarni meminta agar awak media bisa bersinergi dengan pemerintah, dalam mewujudkan pembangunan di daerah. Dia juga mengharapakan pada awal media selalu menunjung tinggi kode etik jurnalistik dalam melaksanakan tugasnya.

”Fungsi pers sebagai pemberi informasi, kontrol sosial, dan pemberi hiburan perlu diperkuat tanpa mengesampingkan kode etik jurnalistik. Kami meminta agar dalam mengkritik juga dicarikan solusi. Kritik membangun diperlukan tetapi juga ada solusi sehingga permasalahan bisa cepat dan mudah ditangani,” ungkapnya.

Selama ini, lanjut Sri Sumarni, kerja sama dengan rekan-rekan wartawan sudah terjalin dengan baik. ”Ke depan, kerja sama ini bisa makin ditingkatkan sehingga bisa membawa dampak positif bagi masyarakat,” katanya.

Editor: Merie

 

Comments
Loading...