Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Belasan Pramuka Grobogan Hijaukan Turus Jalan Desa Pojok


Pramuka Peduli Grobogan melakukan penanaman di pinggir jalan Desa Pojok, Kecamatan Tawangharjo. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Aksi sosial berupa penanaman pohon di turus atau pinggiran jalan dilakukan anggota Pramuka Peduli Kwarran Tanwangharjo, Jumat (10/2/2017). Lokasinya, ada di Dusun Sreman, Desa Pojok, Kecamatan Tawangharjo, Grobogan.

Kegiatan penanaman pohon yang dilangsungkan dalam suasana hujan itu juga didukung pihak Koramil, Perhutani dan Karang Taruna.

Koordinator Pramuka Peduli Kwarran Tawangharjo Budi Santoso menyatakan, sedikitnya ada 200 bibit pohon yang berhasil ditanam di kanan kiri jalan sepanjang 500 meter tersebut. Pohon yang ditaman antara lain jenis jambu, sengon, kelengkeng, dan mindik.

“Acara penanaman berlangsung lancar meski sempat diguyur hujan sejak pagi. Kami mengucapkan terima kasih atas bantuan dan partisipasi dari banyak pihak dalam kegiatan ini. Khususnya, pada Pak Kustadi yang menyumbangkan bibit tanaman untuk penghijauan,” kata Budi, Sabtu (11/2/2017).

Dia menegaskan, Pramuka Peduli selama ini tidak hanya terlibat untuk membantu ketika ada bencana alam saja. Tetapi juga aksi sosial lainnya, seperti bedah rumah, donor darah dan kegiatan penghijauan.

Ketua Karang Taruna Dusun Sreman Khoirul Soim berharap agar kegiatan penghijauan tidak berhenti pada aksi penanaman pohon saja. Tetapi juga berlanjut dengan upaya perawatan tanaman hingga bisa tumbuh maksimal. Dengan demikian, tujuan penghijauan yang dilakukan bisa tercapai.

“Masalah perawatan ini harus kita pikirkan bersama supaya tanaman bisa tumbuh dengan baik. Kalau tidak dirawat, maka kegiatan penghijauan ini tidak akan banyak mendatangkan manfaat,” cetus pria 26 tahun itu.

Dia menambahkan, upaya penghijauan sebelumnya sudah pernah dilakukan pada tahun 2016 dan berhasil dengan baik. Ke depan, upaya penghijauan akan terus dilakukan baik di turus jalan maupun lahan kosong di seluruh desa. Bahkan, bila perlu sampai menjangkau desa sekitarnya.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...