Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Desa Gedangan Jepara yang Musim Hujan Kebanjiran dan Jika Kemarau Kekeringan

Banjir yang melanda wilayah Desa Gedangan, Kecamatan Welahan, Jepara. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom,Jepara – Desa Gedangan, Kecamatan Welahan, disebut menjadi salah satu daerah yang menjadi langganan banjir ketika musim hujan tiba. Sebab, wilayah yang berbatasan dengan Demak tersebut berada di dataran rendah dibandingkan dengan Sungai SWD 1 yang melintasi desa tersebut.

Jayus, Kepala Desa Gedangan mengatakan, wilayahnya hampir setiap tahun menjadi langganan banjir. “Ya beginilah wilayah kami, kalau hujan kebanjiran dan kalau lagi kemarau kekeringan,” ujarnya, Jumat (10/2/2017).

Ia katakan, untuk banjir kali ini ada sebanyak 59 rumah yang terendam banjir, yakni terdapat di RT 1 RW 2 dan RT 3 RW 1. Warga yang terdampak banjir pun, katanya, sudah bersiap untuk mengungsi jika air semakin meninggi. Sebab, saat ini hujan masih terus mengguyur. Dirinya mengatakan, beberapa hari lalu warga juga mendapatkan bantuan kebutuhan pokok dari TNI, BPBD dan lainnya.

Perlu diketahui, banjir yang melanda wilayah tersebut, kali ini disebabkan oleh bocornya pintu Sungai Borojamban yang menghubungkan Sungai SWD 1. “Bila Sungai SWD 1 meluap, secara otomatis, Sungai Borojamban tidak bisa membuang airnya ke SWD 1. Yang ada justru air SWD 1 masuk ke Borojamban, dan lalu airnya menggenangi rumah warga,” paparnya.

Dia menambahkan, lantaran kondisi itu, tak jarang puluhan warga yang terdampak banjir itu juga mendatangi balai desa untuk meminta perbaikan pintu air. “Saya juga bingung, saya sudah mengusahakan mengusulkan ke dinas terkait, namun hingga saat ini belum ada respon,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...