Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pengusaha Usulkan Industri Kuningan Juwana Jadi Destinasi Wisata Ekonomi Kreatif

INDUSTRI KUNINGAN JUWANA, DULU DAN KINI

Pekerja industri kuningan di Juwana tengah membuat rancangan pesanan Piala Bhayangkara Cup berbahan kuningan. (MuriaNewsCom/Lismanto)
Pekerja industri kuningan di Juwana tengah membuat rancangan pesanan Piala Bhayangkara Cup berbahan kuningan. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Di tengah kondisi ekonomi yang semakin sulit, eksistensi industri kuningan di Juwana kian terpuruk. Dari 600 pengrajin kuningan yang pernah berjaya, kini hanya tinggal seratus pengrajin saja.

Karena itu, Ketua Kluster Industri Kuningan Juwana Sutrisno mengusulkan kepada pemerintah untuk mencanangkan program wisata industri kuningan di Juwana. Kawasan tersebut dianggap berpotensi menjadi destinasi wisata edukasi tentang kuningan sebagai bagian dari kebudayaan masyarakat pesisir Pati.

“Selama ini, belum ada gagasan tentang industri wisata kuningan. Padahal, menurut saya, itu peluang. Kita maunya ke sana. Kami berharap, pemerintah bisa membuat program tersebut untuk kembali membangkitkan industri kuningan di Juwana,” kata Sutrisno, Kamis (9/2/2017).

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Pati Sigit Hartoko saat dikonfirmasi MuriaNewsCom, menyambut positif usulan tersebut. Hanya saja, dia butuh kerja sama strategis antara pemerintah, pengusaha dan masyarakat untuk mewujudkan wisata industri kuningan di Juwana.

“Itu gagasan bagus. Kami akan bantu dari aspek promosi, kuningan bisa menjadi sasaran destinasi wisata ekonomi kreatif. Namun, gagasan itu butuh pembahasan lebih dalam dengan sejumlah pihak seperti pengusaha, masyarakat, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin), serta Dinas Koperasi dan UMKM,” ujar Sigit.

Dalam waktu dekat, pihaknya juga membuat Pati Tourism Expo. Event itu menjadi wadah untuk mempromosikan destinasi wisata di Pati, termasuk potensi wisata ekonomi kreatif seperti kuningan. Karena itu, dia butuh dukungan dari banyak pihak untuk menyukseskan upayanya dalam menggeliatkan potensi wisata di Kabupaten Pati.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...