Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Lokasi Longsor di Rahtawu Diberi Pengaman Drum

Warga berada di titik longsor di Dukuh Krajan, Desa Rahtawu, Kabupaten Kudus, Rabu. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)
Warga berada di titik longsor di Dukuh Krajan, Desa Rahtawu, Kabupaten Kudus, Rabu. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Bencana longsor kembali terjadi di Rahtawu, Kudus, Selasa (7/2/2017). Kali ini longsoran terjadi cukup parah, yakni sepanjang 25 meter  dan sampai mengikis jalan. Di lokasi diberikan drum sebagai tanda peringatan ke pengguna jalan.

Kades Rahtawu, Kecamatan Gebog Sugiyono mengatakan, longsor terjadi di Dukuh Krajan, Desa Rahtawu. Longsor terjadi pada pukul 14.00 WIB. Saat itu cuaca sedang hujan deras, dan juga disertai dengan angin kencang. “Saat itu saya sedang berpatroli keliling desa, tiba-tiba sampai daerah sini terjadi longsor cukup banyak dan panjang. Setelah itu saya laporkan ke sejumlah instansi terkait,” kata Sugiyono, Rabu (8/2/2017).

Setelah mengetahui longsor, pihaknya dibantu dengan warga mengambil drum bekas yang terdapat di lokasi yang tak jauh dari lokasi longsor. Drum tersebut dipasang di sekitar titik longsor, agar tak dilalui pengendara.

Dia menjelaskan panjang longsor sekitar 25 meter persis di tepi jalan. Beberapa longsor bahkan sampai memakan jalan, dengan lebar mencapai satu meter. Untuk itu, ruas jalan yang lebarnya mencapai 6 meter, hanya tersisa 5 meter akibat tergerus longsor. “Ini merupakan longsoran besar kelima selama musim hujan. Sebelumnya sejumlah titik mengalami longsor cukup besar. Sementara kalau longsor kecil sudah cukup sering,” ungkapnya.

Dia berharap supaya perbaikan dapat segera dilaksanakan, sebab jalan tersebut merupakan akses utama dan satu-satunya menuju kawasan Rahtawu. Jika sampai ada longsor susulan, maka akses berpeluang terputus.

Editor : Akrom Hazami

Comments
Loading...