Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Waspadalah! Gelombang di Perairan Jepara Capai 3 Meter

Ilustrasi
Ilustrasi

MuriaNewsCom, Jepara – Dalam sepekan ini, tinggi gelombang di perairan laut utara Jawa Tengah mencapai 3 meter. Hal tersebut diperkirakan masih berlangsung hingga sepekan ke depan.

Kepala UPP Syahbandar Jepara Suripto menyampaikan, dengan kondisi tersebut, perairan laut utara Jawa Tengah tidak aman untuk pelayaran. Selain tinggi gelombang mencapai 3 meter, kecepatan angin juga cukup tinggi, yaitu mulai 8 sampai 30 knot. “Kondisi seperti ini sudah sejak Minggu lalu, dan diperkirakan akan berlangsung sampai Minggu depan,” katanya.

Akibat kondisi cuaca buruk ini, tak sedikit kapal-kapal yang melintas di perairan utara Jawa Tengah, khususnya di Jepara terpaksa harus berlabuh dulu di area Jepara.

“Aktivitas pelayaran barang dan penumpang dari Jepara ke sejumlah wilayah terpaksa dihentikan. Pasalnya, kondisi cuaca buruk ini sangat tidak aman bagi pelayaran. Kemarin kapal barang yang berangkat dari Banten tujuan Pontianak terpaksa ditarik ke Jepara karena terbawa arus,” ujarnya.

Kondisi serupa juga melanda perairan laut Karimunjawa. Kepala UPP Syahbandar Karimunjawa Syarif Bustaman menyampaikan, tinggi gelombang laut di Karimunjawa mulai 1,25 meter hingga 2,50 meter. Sementara, kecepatan angin 15 sampai 25 knot. Kondisi tersebut diperkirakan akan berlangsung hingga 12 Februari 2017.“Angin dari arah Barat Laut disertai hujan sedang dan awan gelap,” kata Syarif.

Dengan adanya kondisi cuaca buruk tersebut, sehingga aktivitas pelayaran pun dihentikan sementara demi keselamatan bersama.

Kepala PT ASDP Cabang Jepara Yudi Zanuar menambahkan, selama kapal tak beroperasi, pihaknya melakukan perawatan kapal. Itu dilakukan agar saat proses docking tidak membutuhkan waktu lama. “Perawatan rutin berkala mumpung kapal tidak berangkat,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...