Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sastrawan Kelahiran Blora, Pramoedya Ananta Toer jadi Google Doodle Hari Ini

nodle pram

MuriaNewsCom, Blora – Ada yang beda dengan mesin pencari Google hari ini, Senin (6/2/2017). Bagi warga Blora khususnya, tentu tidak asing dengan Google Doodle itu.  

Ya, Google Doodle kali ini bergambar Pramoedya Ananta Toer. Sastrawan kelahiran Blora itu lahir pada hari ini tahun 1925.  Hari ini adalah perayaan ulang tahunnya yang ke-92. Kendati dirinya sudah meninggal dunia pada 31 April 2006.

Pram, sapaan akrabnya, terlihat digambarkan sebagai sosok berambut putih mengenakan kacamata, dan kaus. Pram sedang mengetik menggunakan mesin tik manual.

Pada saat hidupnya dulu, Pram getol menulis karya sastra berupa novel, cerita, hingga jurnal dan kronik sejarah. Karyanya kerap bersinggungan dengan pemerintah saat itu. Tidak heran jika Pram membuat pemerintah gerah.

Pada masa Presiden Soekarno, Pram tak rukun dengan presiden. Bahkan juga saat Presiden Soeharto. Karyanya disensor. Bahkan, pemerintah menudingnya sebagai komunis. Dia pun dipenjara di Pulau Buru selama 30 tahun.

Karya Pram yang paling terkenal adalah Tetralogi Buru. Selain juga banyak karya terbaiknya yang memperkaya khasanah sastrawi Indonesia.

Editor : Akrom Hazami

Comments
Loading...