Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pengurus Kwarran Tingkatkan Jumlah Pramuka Garuda di Grobogan

Ketua Kwarcab Grobogan Icek Baskoro menyematkan tanda jabatan mabiran kepada Camat Klambu M Arief Efendi Kun Amrullah. (MuriaNewsCom/Dani Agus)
Ketua Kwarcab Grobogan Icek Baskoro menyematkan tanda jabatan mabiran kepada Camat Klambu M Arief Efendi Kun Amrullah. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Para pengurus Kwartir Ranting (Kwarran) diminta bisa mendorong bertambahnya jumlah parmuka garuda di berbagai tingkatan. Hal itu disampaikan Ketua Kwarcab 11 15 Grobogan Icek Baskoro saat pengukuhan pengurus Majelis Pembimbing Ranting dan Kwartir Ranting Klambu masa bakti 2016-2021, Sabtu (4/2/2017).

“Pramuka garuda adalah tingkatan tertinggi dalam golongan kepramukaan. Baik Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega. Sejauh ini kita sudah punya pramuka garuda tetapi jumlahnya belum banyak. Pramuka garuda ini nantinya akan menjadi teladan dan motivator bagi teman sebayanya maupun lingkungannya,” tegas mantan Wakil Bupati Grobogan itu.

Menurutnya, untuk menyandang predikat pramuka garuda harus menjalani serangkaian ujian yang cukup berat. Untuk bisa jadi Pramuka Garuda tidak hanya kemampuan di bidang kepramukaan saja yang dinilai. Tetapi ada penilaian materi lainnya. Seperti kepribadian, kecakapan, lingkungan, jasmani dan rohani.

“Pramuka Garuda adalah orang-orang yang pilihan dan mempunyai ketrampilan yang bisa diandalkan. Karena itu selain pengurus Kwarcab, perlu dorongan dan motivasi juga dari pembina Pramuka di Gugusdepan dan pengurus Kwartir Ranting,” cetus Icek.

Sementara itu Camat Klambu yang juga Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Kamabiran) Klambu M Arief Efendi Kun Amrullah menegaskan, dalam mengelola Gerakan Pramuka di level Kwarran perlu kebersamaan, komunikasi dan koordinasi yang baik dan berkesinambungan. Sehingga program yang telah disusun akan berjalan dengan lancar.

Dalam kesempatan itu, camat yang akrab disapa Dendi itu mendukung penuh untuk memajukan Gerakan Pramuka di Klambu. Salah satu bentuk dukungan yang diberikan adalah memberikan izin penggunaan satu bangunan yang terletak tidak jauh dari Kantor Kecamatan Klambu untuk digunakan sebagai Sanggar Pramuka Klambu.

Usai dilantik jadi Kamabiran, Dendi selanjutnya ganti melakukan pelantikan Ketua Kwartir Ranting Klambu Siti Khunaenah dan jajaran pengurus lainnya. Kepengurusan Kwarran Klambu inimerupakan hasil Musyawarah Ranting yang digelar pada Desember 2016 lalu. 

Editor : Akrom Hazami

Comments
Loading...