Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Debat Terbuka, Haryanto-Arifin Janji Angkat Potensi Mina, Tani dan Industri Ramah Lingkungan

Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pati Haryanto-Saiful Arifin memaparkan visi-misi pada debat publik di DPRD Pati, Sabtu (4/2/2017). (MuriaNewsCom/Lismanto)
Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pati Haryanto-Saiful Arifin memaparkan visi-misi pada debat publik di DPRD Pati, Sabtu (4/2/2017). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Pasangan calon tunggal Pilkada Pati Haryanto dan Saiful Arifin mengikuti debat terbuka atau talkshow penajaman visi misi bertajuk “Pati Sejahtera dengan Bumi Mina Tani” di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Pati, Sabtu (4/2/2017). Ada banyak pertanyaan yang dilayangkan panelis kepada paslon tunggal.

Salah satunya, pertanyaan tentang visi dan misi paslon tunggal untuk membangun Kabupaten Pati lima tahun ke depan. Haryanto menjawab, visi-misi masih melanjutkan lima tahun kepemimpinannya dalam tagline “Noto Projo Mbangun Deso.”

“Saya yakin, tagline Noto Projo Mbangun Deso masih sangat relevan untuk Pati. Kehidupan masyarakat Pati hampir di pedesaan, sehingga butuh uluran tangan pemerintah daerah. Dalam tagline Noto Projo Mbangun Deso, kami akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pelayanan publik,” ujar Haryanto.

Ada banyak potensi di Pati yang akan diangkat Haryanto dan Saiful Arifin. Salah satunya, potensi perikanan dan pertanian yang terkover dalam slogan Pati Bumi Mina Tani. Keduanya sadar, Mina Tani bukan sekadar slogan, tetapi refleksi kekayaan Kabupaten Pati.

“Programnya banyak sekali, semua akan kita angkat. Pati basisnya perikanan dan pertanian, sehingga harus kita angkat dan maksimalkan. Kami juga tidak meninggalkan industri ramah lingkungan yang bisa menampung tenaga kerja sehingga diterima masyarakat,” tutur Haryanto.

Menurutnya, kepemimpinannya selama lima tahun sudah terbukti menyejahterakan masyarakat. Banyak industri yang sudah menampung tenaga kerja dan berhasil menurunkan angka pengangguran secara drastis, dari 13,6 persen pada 2011 menjadi 4,6 persen. Pertumbuhan ekonomi di Pati juga diklaim lebih tinggi ketimbang provinsi maupun nasional.

Sementara itu, Calon Wakil Bupati Pati Saiful Arifin mengaku akan membantu kinerja Haryanto menjadi lebih baik lagi, konsen pada pemberdayaan sumber daya manusia (SDM) melalui usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), serta kewirausahaan. Arifin bersama Haryanto optimistis bisa membawa perubahan yang lebih baik untuk Kabupaten Pati.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...