Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Cuaca Ekstrem, BPBD Jepara Minta Kondisi Pohon Peneduh Dilakukan Pengecekan Secara Rutin

 Petugas BPBD Jepara sedang memotong pohon yang tumbang ke jalan beberapa waktu lalu. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

Petugas BPBD Jepara sedang memotong pohon yang tumbang ke jalan beberapa waktu lalu. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom,Jepara – Beberapa kali pohon tumbang terjadi di jalan yang ada di wilayah Kabupaten Jepara. Terkait dengan kondisi itu, BPBD Jepara meminta instansi terkait, khususnya Dinas Lingkungan Hidup untuk melakukan kroscek secara rutin terhadap pohon peneduh yang rawan tumbang.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Jepara Pujo Prasetyo mengatakan, dalam beberapa pekan terakhir, cukup banyak pohon yang tumbang akibat hujan yang deras disertai angin kencang. Sebagian ada yang tumbang ke jalan dan juga menimpa rumah warga.

“”Harusnya, secara berkala ada perabasan pohon atau bahkan penebangan. Hal ini untuk mengantisipasi adanya cuaca yang ekstrem seperti ini, yang rawan sekali dengan adanya pohon tumbang. Ketika tumbang, akibatnya bisa mengganggu fasilitas umum, seperti jalan, jaringan listrik, telepon dan lain sebagainya,” ujarnya.

Ia mengatakan, rata-rata pohon yang tumbang usianya berkisar 6-10 tahun lebih. Namun, ada juga pohon yang tumbang tersebut usianya di bawah 6 tahun.

Dirinya juga berharap, instansi terkait bisa turun ke lapangan ketika ada kejadian pohon tumbang, sehingga mengetahui kondisi dan ke depan bisa memetakan daerah mana saja yang rawan dengan adanya pohon tumbang.

Dia menambahkan, untuk potensi pohon tumbang di area Jepara saat ini memang merata. Terlebih pada musim hujan dan angin kencang.”Sehingga pihak terkait juga bisa harus mengkroscek itu dan harus bisa selalu koordinasi dengan BPBD supaya bisa diminimalkan korban yang diakibatkan pohon tumbang tersebut,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...