Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Puluhan Sarang Nyamuk Ada di Alun-alun Purwodadi

Sejumlah anak bermain di kotak yang dipenuhi jentik nyamuk di Alun-alun Purwodadi, Grobogan. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Sorotan masyarakat setelah proyek revitalisasi Alun-alun Purwodadi diresmikan kembali muncul. Kali ini, soal munculnya genangan air yang jadi sarang nyamuk di seputar alun-alun.

Tempat sarang nyamuk ini berada pada kotak permanen di sekeliling alun-alun. Tepatnya, sekeliling lapangan rumput. “Hampir semua kotak permanen terdapat genangan air. Kalau dibiarkan saja, bisa jadi sarang nyamuk,” kata Sabrina, warga yang ditemui di alun-alun Purwodadi, Jumat (3/2/2017).

Dari pantauan di lapangan, sorotan yang dilontarkan warga memang ada benarnya. Hampir semua kotak permanen memang terdapat genangan air yang ketinggiannya sekitar 20 cm. Sebagian besar kotak permanen yang ada airnya, sudah terlihat jentik-jentik nyamuk. Jumlah kotak permanen berukuran satu meter persegi ini ada 60 unit dan berada di tiga sisi lapangan. Di sisi timur dan barat, jumlah kotaknya ada 38. Masing-masing sisi ada 19 kotak. Sedangkan di sisi utara ada 22 kotak.

Rencananya, kotak permanen ini disiapkan untuk ditanami tanaman hias. Hal ini terlihat dengan adanya timbunan tanah di dalam kotak tersebut. “Harusnya, timbunan tanahnya sampai rata bagian atas. Kalau tertutup tanah semua maka tidak dipakai jadi sarang nyamuk,” kata Irma, warga lainnya.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Peemukiman Grobogan M Chanief menyatakan, kotak permanen di sekeliling lapangan rumput rencananya disiapkan untuk ditanami pohon-pohon peneduh. Pelaksanaan penanaman dijadwalkan pada tahap kedua revitalisasi Alun-alun Purwodadi. “Kotak permanen di pinggir lapangan rumput akan kita tanami pohon peneduh. Dalam waktu dekat, akan kita lakukan penanamannya,” katanya.

 

Editor : Akrom Hazami

 

Comments
Loading...