Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ratusan Siswa SD Muhammadiyah 1 Kudus Kunjungi Pendapa Pemkab

Bupati Kudus Musthofa saat menerima kedatangan siswa SD Muhammadiyah 1 Kudus di pendapa pemkab setempat. (ISTIMEWA)
Bupati Kudus Musthofa saat menerima kedatangan siswa SD Muhammadiyah 1 Kudus di pendapa pemkab setempat. (ISTIMEWA)

MuriaNewsCom, Kudus – Ratusan siswa SD Muhammadiyah 1 Kudus mengunjungi pendapa pemkab setempat, Rabu (1/2/2017).  Di antara tujuan kunjungan adalah mengenalkan siswa akan bangunan bersejarah gedung pendapa itu.

Diketahui, pendapa Pemkab Kudus dan rumah dinas Bupati Kudus bertembok kuno dan kayu jati ukir yan gberdiri pada abad XV. Hingga kini masih terawat dengan baik.

 Bangunan bersejarah ini milik pemerintah daerah. Pemerintah Kabupaten Kudus diawali  pada abad XIX. Saat itu, kabupaten (Regentschap) Kudus dibentuk berdasarkan keputusan Gubernur Hindia belanda pada tahun 1819. Diangkat sebagai Bupati (Regent) pertama adalah Kyai Raden Adipati Tumenggung Pandji Padmonegoro tahun 1820.

Bupati Kudus Musthofa yang memimpin wilayah ini sekarang menjaga kelestarian bangunan dan menjadikan pendapa kabupaten sebagai rumah rakyat. Artinya, Bupati selalu menerima kedatangam seluruh lapisan masyarat untuk menyampaikan aspirasinya.

 ”Heritage ini harus tetap ada dan terjaga dengan baik. Karena ini sangat bersejarah sebagai kebanggaan semua masyarakat Kudus,” kata Musthofa saat menyambut dan menemani ratusan siswa-siswi SD Muhammadiyah 1 Kudus. 

 Senen Budiarto, Kepala SD Muhammadiyah 1 Kudus yang mendampingi para siswa sangat berterimakasih mendapat kesempatan berkunjung ke pendapa. “Maturnuwun, pak bupati, kami senang bapak sendiri yang menerima kami. Bapak sangat ramah dan sabar melayani pertanyaan anak-anak yang polos ini. Bahkan terkadang menggelikan”, ujar Senen.

Editor : Akrom Hazami

Comments
Loading...