Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

KPU Siapkan Debat Kandidat Calon Tunggal Pilkada Pati, Begini Formatnya

Ketua KPU Pati Much Nasich (kiri) bersama Kapolres Pati AKBP Ari Wibowo dan Dandim 0718/Pati Andri Amijaya Kusuma dalam rapat debat Pilkada Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)
Ketua KPU Pati Much Nasich (kiri) bersama Kapolres Pati AKBP Ari Wibowo dan Dandim 0718/Pati Andri Amijaya Kusuma dalam rapat debat Pilkada Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Debat kandidat pasangan calon tunggal pada Pilkada Pati yang akan dihelat pada Sabtu (4/1/2017) akan dilakukan dengan format penajaman visi dan misi. Pasalnya, Pilkada Pati hanya diikuti satu pasangan calon.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pati Much Nasich mengaku sudah menyiapkan agenda yang akan digelar di Gedung DPRD Pati tersebut. “Semua sudah disiapkan, mulai dari rapat penyusunan tata cara penajaman visi misi, hingga personel keamanan,” ucap Nasich, Rabu (1/2/2017).

Koordinasi dengan elemen yang berkepentingan juga sudah dilakukan. Hal itu sebagai upaya untuk mengantisipasi bila ada kesimpangsiuran yang dikhawatirkan akan mengacaukan acara. Sejumlah masukan dari kepolisian dan TNI juga sudah menjadi pertimbangan untuk melakukan pengamanan.

“Kami sudah memastikan, acaranya bukan debat publik. Sebab, istilah debat biasanya diikuti lebih dari satu kontestan. Berhubung ini hanya ada satu calon, istilah yang lebih tepat adalah penajaman visi dan misi,” tuturnya.

Dalam agenda penajaman misi dan misi akan dipandu moderator dan panelis yang didatangkan dari tokoh yang secara personal bisa diandalkan. Mereka juga sudah dijamin netralitas dan profesionalitasnya. Kendati begitu, materi dan pertanyaan akan dimatangkan bila diperlukan.

Selain panelis, peserta yang hadir tidak diperbolehkan untuk menyampaikan pertanyaan atau tanggapan terhadap pasangan calon. Pertanyaan yang diajukan panelis sendiri dirumuskan oleh tim pakar yang ditetapkan melalui keputusan KPU Kabupaten Pati.

Dia berharap, agenda penajaman visi-misi calon tunggal Pilkada Pati bisa berjalan lancar dan aman. Pihak-pihak yang melakukan keributan, keonaran atau tindak kriminal akan dikeluarkan paksa oleh panitia dan aparat keamanan.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...