Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pohon Raksasa di Alun-alun Purwodadi Mirip Kentongan

Beginilah kondisi salah satu pohon trembesi di kawasan Alun-alun Purwodadi yang berlubang lantaran kena serangan hama.  (MuriaNewsCom/Dani Agus)
Beginilah kondisi salah satu pohon trembesi di kawasan Alun-alun Purwodadi yang berlubang lantaran kena serangan hama.  (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Pascaalun-alun Purwodadi diresmikan, masih ada sorotan yang dilontarkan warga. Kali ini, soal keberadaan salah satu pohon raksasa yang ada di sisi utara. Tepatnya, di seberang pintu masuk kantor DPRD Grobogan.

Sorotan itu muncul terkait kondisi pohon jenis trembesi yang dinilai kurang mendapat perawatan.Bagian bawah pohon sudah berlubang cukup besar. Lubang dalam pohon ini cukup tinggi, mencapai 1,5 meter. Lebar lubang bagian bawah sekitar 10 cm dan bagian atas mencapai 25 cm. Jika dilihat dari jarak agak jauh, lubang dalam pohon itu bentuknya seperti gua. Ada juga yang menyebut mirip bentuk kentongan. “Bentuk pohonnya memang jadi mirip kentongan. Lubangnya ternyata cukup dalam,” kata Agus Winarno, salah seorang warga yang ditemui sedang ada di alun-alun setempat, Rabu (1/2/2017).

Dia memperkirakan pohon itu terserang hama. Seperti jenis rayap yang biasa makan kayu-kayuan. Diperkirakan, serangan hama itu sudah berlangsung cukup lama. Hal ini bisa dilihat dengan besarnya lubang yang terdapat pada bagian bawah pohon berdiameter sekitar 1,5 meter itu. “Untuk bisa bikin lubangan sebesar ini butuh waktu lama. Sebenarnya, kalau ditangani lebih dini, lubangnya tidak akan sebesar ini,” ujar  pria yang mengaku cukup familiar dengan bidang tanaman itu.

Dari pantauan di lokasi, jumlah pohon berukuran raksasa di sekeliling alun-alun ada enam. Pohon jenis trembesi ini diperkirakan sudah berusia di atas 100 tahun. Dari enam pohon ini, hanya ada satu pohon saja yang berlubang besar. Terkait dengan rusaknya salah satu pohon peneduh itu, beberapa warga berharap agar dinas terkait segera melakukan penanganan. Sebab, jika dibiarkan maka tingkat kerusakan pohon akan semakin parah.

“Keberadaan pohon raksasa itu sudah jadi ikon tersendiri di kawasan alun-alun. Saya berharap agar keberadaan pohon raksasa itu dilestarikan dan dirawat dengan baik. Sebab, keberadaan pohon sebesar itu di kawasan kota sudah sangat sulit dijumpai,” cetus Yogi, warga lainnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Grobogan Subiyono ketika dimintai komentarnya menyatakan, pihaknya akan segera melakukan penanganan terhadap pohon raksasa yang sekarang berlubang tersebut. Di samping itu, untuk mencegah kerusakan, akan dilakukan pemangkasan cabang untuk mengurangi beban. “Karena ada pohonnya berlubang maka tidak bisa menahan beban terlalu besar. Oleh sebab itu, beberapa cabang di atas akan kita kurangi,” katanya.

 

Editor : Akrom Hazami

 

Comments
Loading...