Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dishub Grobogan Segera Siapkan Andalalin di Kawasan Alun-alun Purwodadi

Kantong parkir di sekeliling Alun-alun Purwodadi akan segera ditata agar tidak tidak menimbulkan ketersendatan arus lalu lintas. (MuriaNewsCom/Dani Agus)
Kantong parkir di sekeliling Alun-alun Purwodadi akan segera ditata agar tidak tidak menimbulkan ketersendatan arus lalu lintas. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom,Grobogan – Setelah proyek revitalisasi Alun-alun Purwodadi resmi dibuka , ternyata masih ada persoalan yang mesti ditangani. Bukan soal pekerjaan yang berkaitan dengan proyek, tetapi penataan masalah parkir kendaraan di seputar kawasan tersebut.

Masalah parkir itu perlu mendapat perhatian karena setiap harinya, jalan raya yang mengitari alun-alun sangat padat kendaraan. Hal itu terjadi karena di seputar alun-alun banyak ditempati kantor pemerintahan maupun swasta dan sekolahan.

Kasi Parkir Dinas Perhubungan Grobogan Susanto Adi Wibowo mengatakan, sejauh ini pihaknya belum pernah membahas desain penataan parkir di kawasan alun-alun. Sebab, sejak awal memang tidak dilibatkan dalam pembahasan proyek revitalisasi alun-alun.

“Setelah alun-alun dibuka, akan kita siapkan analisa dampak lalu lintas (Andalalin), khususnya berkaitan masalah parkir kendaraan supaya tidak menimbulkan ketersendatan arus. Kami masih meraba pola penataannya karena sebelumnya tidak dilibatkan dalam pembahasan,” katanya.

Menurut Santo, pihak kontraktor memang sudah menyediakan sejumlah kantong parkir di empat sisi alun-alun. Namun, tidak semuanya dapat digunakan untuk parkir kendaraan, khususnya roda empat.

Masalahnya, ada jalur padat di kawasan alun-alun yang banyak dilalui kendaraan besar. Seperti di jalur depan Kantor DPRD Grobogan. “Arus lalu lintas di ruas jalan sekeliling alun-alun ini tidak sama. Hal inilah yang perlu kita antisipasi,” jelasnya.

Soal berapa kapasitas kendaraan yang bisa tertampung dalam kantong parkir, Santo menyatakan, belum dapat menghitung. Dari analisa sementara, parkir mobil sangat memungkinkan di sisi timur di depan kantor BRI atau depan selter PKL dengan kemiringan 90 derajat atau tegak lurus.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...