Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pohon Jati Roboh Diterjang Angin, Jalan Pati-Gembong Sempat Macet Total

Sejumlah polisi, TNI dan warga melakukan evakuasi pohon jatuh yang roboh diterpa angin di Jalan Pati-Gembong. (MuriaNewsCom/Lismanto)
Sejumlah polisi, TNI dan warga melakukan evakuasi pohon jatuh yang roboh diterpa angin di Jalan Pati-Gembong. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Pohon jati berdiameter 45 cm setinggi 8 meter roboh diterjang angin di Jalan Pati-Gembong Km 2, Desa Gembong, Kecamatan Gembong, Pati, Minggu (29/1/2017) petang. Akibatnya, jalan yang menghubungkan Pati dan Gembong tersebut sempat macet total.

Beruntung, polisi, TNI dan masyarakat berbondong-bondong melakukan evakuasi dengan memotong pohon menggunakan gergaji mesin. Usai digergaji, batang pohon yang tumbang menghalangi jalan segera disingkirkan petugas.

“Kami mendapatkan informasi dari masyarakat, ada pohon yang tumbang di Jalan Pati-Gembong menghalangi arus lalu lintas. Kami bersama anggota, termasuk Koramil bersama-sama datang ke lokasi untuk mengevakuasi batang pohon yang tumbang di jalan,” ujar Kapolsek Gembong AKP Giyanto.

Dibutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mengevakuasi batang pohon jati. Puluhan pengendara sempat berhenti, menunggu petugas mengevakuasi batang pohon. Kemacetan sempat mengular hingga beberapa meter.

Danramil Gembong Kapten Inf Sunaryo menambahkan, hujan deras disertai angin kencang sempat melanda kawasan Gembong pada petang hari. Titik pusat angin kencang dimungkinkan menerpa pohon jati berukuran tanggung tersebut sehingga langsung roboh.

Beruntung, tidak ada korban yang tertimpa saat melewati jalan tersebut. “Musim hujan disertai cuaca ekstrem seperti ini pengendara mesti waspada terhadap kemungkinan pohon yang tumbang di jalan. Untung saja, pohon jati tersebut tidak memakan korban yang lewat,” ucapnya.

Serka Haryono yang ikut mengevakuasi pohon menuturkan, pohon tersebut milik Taman, warga setempat. Pohon yang masih berukuran tanggung dengan kontur tanah yang kurang kuat ditengarai menjadi penyebab robohnya pohon jati saat hujan angin menerpa kawasan tersebut.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...