Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Wisatawan Keluhkan Banyaknya Sampah di Pantai Telukawur Jepara

Kondisi sampah yang berada di Pantai Telukawur, Jepara. Tumpukan sampah ini banyak dikeluhkan wisatawan. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)
Kondisi sampah yang berada di Pantai Telukawur, Jepara. Tumpukan sampah ini banyak dikeluhkan wisatawan. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom,Jepara – Wisatawan  mengeluhkan banyaknya sampah yang ada di sepanjang Pantai Telukawur, Jepara, akibat kiriman air laut saat musim hujan dan musim angin barat. Keberadaan sampah ini menggangu wisatawan yang ingin berenang ataupun bermain di bibir pantai.

Pantauan MuriaNewsCom, sampah yang memenuhi bibir pantai tersebut di antaranya kantong plastik, kaleng, potongan kayu, pohon pisang dan kertas. Meski tampak bertumpuk di bibir pantai, namun, hal tersebut belum mendapat penanganan yang baik.

Agustino, wisatawan dari Kedungmundu, Semarang mengaku sangat terganggu dengan keberadaan sampah dan berbau amis. Keberadaan sampah tersebut, juga dinilai mengurangi keindahan pantai. “Sampah ini mungkin banyak yang kiriman dari tengah laut yang terbawa oleh ombak. Tetapi, mungkin juga ada sampah dari wisatawan ini sendiri,” kata Agus.

Dirinya juga menyayangkan kurangnya kesadaran para wisatawan yang membuang sampah belas makanan ringan atau minuman ringan secara sembarangan.

“Kalau sampah berupa potongan kayu, ranting bambu atau pohon pisang mungkim kiriman dari tengah laut yang terbawa ombak. Namun untuk botol minuman, plastik bekas makanan atau gelas plastik, mungkin dari wisatawan yang membuang sampah sembarangan,” ungkapnya.

Ia menilai, bila kondisi ini terus dibiarkan, maka keindahan pantai akan kurang, dan pengunjung yang datang juga tidak lagi nyaman untuk menikmati liburan di Pantai Telukawur.
“Pengelola Pantai Teluk awur atau pihak terkait diharapkan bisa menyediakan petugas kebersihan. Selain itu, kebersihan juga tak terlepas dari peran wisatawan itu sendiri. Selain itu, mungkin bisa dikasih papan imbauan membuang sampah di tempatnya dengan ukuran besar. Sehingga wisatawan  bisa tahu di mana membuang sampah,” ujarnya.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...