Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

PKL di Bundaran Ngabul Jepara Bakal Ditata

Suasana di Bundaran Ngabul Jepara. Nantinya, Pemda Jepara bakal melakukan penataan terhadap PKL, untuk mengatasi kerawanan arus lalu lintas. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)
Suasana di Bundaran Ngabul Jepara. Nantinya, Pemda Jepara bakal melakukan penataan terhadap PKL, untuk mengatasi kerawanan arus lalu lintas. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom,Jepara – Keberadaan monument tugu tiga tokoh perempuan hebat di Bundaran Ngabul, Kecamatan Tahunan, Jepara, menjadi magnet baru bagi masyarakat Jepara. Terbukti, kini hampir tiap malam tempat ini selalu ramai oleh warga untuk sekadar refreshing atau lainnya.

Banyaknya warga yang mengunjungi tempat ini, juga membuka peluang bagi pedagang kaki lima (PKL). Puluhan PKL tampak bermunculan di sekitar Bundaran Ngabul ini, baik mereka yang menjajakan kuliner ataupun mainan anak-anak.

Di sisi lain, keramaian yang terpusat di kawasan Bundaran Ngabul ini, justru menjadi persoalan baru. Yakni tentang kerawanan arus lalu lintas yang berada di tempat tersebut.

Menyikapi kondisi tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara berencana untuk menata PKL yang ada di kawasan Bundaran Ngabul. Setidaknya, dari pendataan yang dilakukan pemda, ada sebanyak 29 PKL yang biasa mangkal di kawasan ini.

“Beberapa waktu lalu, kami telah melakukan rapat koordinasi di ruang Sekretaris Daerah Jepara untuk merumuskan penataan PKL di Bundaran Ngabul. Rapat langsung dipimpin oleh Pak Sekda dan diikuti oleh instansi terkait, di antaranya Polsek dan Koramil Tahunan,” ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Jepara  Inah Nuroniah melalui Kabid Pasar Mustaqim.

Dari hasil rapat tersebut, katanya,untuk menghindari kerawanan lalu lintas bakal direncanakan, PKL yang ada di Bundaran Ngabul  akan dipindahkan ke arah utara. Tepatnya di trotoar depan Pujasera Ngabul. Dengan pemindahan PKL ini diharapkan titik keramaian akan bergeser dan memperkecil kerawanan lalu lintas.

Penataan ini, juga akan diikuti rekayasa lalu lintas. Yakni, dari arah Jepara untuk kendaraan roda empat berbelok ke kiri melewati Pasar Ngabul. Sedangkan untuk roda dua bisa lurus . Untuk kendaraan roda empat atau lebih dari arah Pasar Ngabul dilarang melewati Bundaran Ngabul. Rutenya melewati jalan alternatif ke arah selatan.

“Kemudian, dari hasil rapat itu, juga memutuskan tempat parkir sepeda motor ditempatkan di sebelah utara Bundaran Ngabul, di tepi trotoar sepanjang jalan depan Pujasera. Sedangkan untuk parkir mobil ditempatkan di sebelah selatan Pujasera Ngabul, di tepi trotoar sepanjang jalan SD Ngabul. Untuk mengatur arus lalu lintas dari arah Jepara maupun Kudus, direncanakan akan dipasang traffic light di sekitar Bundaran Ngabul,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono 

Comments
Loading...