Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Markum Ditemukan Sudah Meninggal di Kawasan Pantai Prawean Jepara

Petugas melakukan evakuasi terhadap jenazah Markum yang ditemukan di kawasan Pantai Prawean, Desa Bandengan pada Jumat (27/1/2017) sekitar pukul 11.00 WIB. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)
Petugas melakukan evakuasi terhadap jenazah Markum yang ditemukan di kawasan Pantai Prawean, Desa Bandengan pada Jumat (27/1/2017) sekitar pukul 11.00 WIB. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Jepara – Markum (55), warga  Desa Bandengan RT 6 RW 2  Jepara, yang dinyatakan hilang saat pulang memancing di kawasan Pulau Panjang pada Kamis (26/1/2017)  siang kemarin, kini sudah ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. Mayat korban ditemukan di kawasan Pantai Prawean, Desa Bandengan pada Jumat (27/1/2017) sekitar pukul 11.00 WIB.

“Sekitar pukul 11.00 WIB, korban ditemukan salah satu nelayan dalam posisi tersangkut karang. Lokasinya sekitar 100 meter dari bibir Pantai Prawean. Korban mengenakan baju lengan pendek kotak-kotak dengan  celana pendek,” ujar Kepala BPBD Jepara Lulus Suprayitno melalui Kasi Kedarutan dan Logistik Pujo Prasetyo.

Mayat korban kemudian langsung dievakuasi dan dilarikan ke RSUD Kartini untuk dilakukan visum. Setelah itu, kemudian jenazah langsung diserahkan kepada pihak keluarga untuk dikebumikan.

Menurutnya, pencarian terhadap korban dilakukan sejak kemarin dengan melibatkan sejumlah personel dari BPBD, relawan, TNI Sat Polair Res Jepara,Basarnas dan PMI.

Petugas menyisir pinggiran pantai mulai Pantai Badengan hingga Pantai Empu Rancak. Pencarian kemarin berlangsung hampir malam. Dalam proses pencarian itu, petugas hanya menemukan papan dek perahu dan pancing milik korban. Kemudian, pencarian dilanjutkan hari ini.

Untuk diketahui, korban awalnya memancing di kawasan perairan Pulau Panjang bersama temannya, Darwanto (41) Warga RT 17 RW 5 dan Jasmani (40) warga RT 4/RW 1, Desa Bandengan Kota pada Kamis (26/1/2017) pagi.

Setelah itu, sekitar pukul 10.00 WIB korban mengajak Darwanto dan Jasmani pulang. Namun Keduanya menolak karena kondisi mendung putih disertai angin kencang dari arah barat.  Akan tetapi  korban tetap nekat pulang sendirian dengan perahu jenis sopek .

Setelah itu, Kamis sore pukul 16.00 WIB kedua teman korban kembali ke Pantai Perawean Kawasan Desa Bandengan bertemu dengan Kimin (70) warga RT 5 RW 2, Desa Bandengan yang sedang menunggu orang mancing untuk membeli ikan. 

Berhubung Kimin kenal dengan korban, ia pun kaget setelah kedua teman korban memberi tahu kalau korban sudah pulang terlebih dahulu sejak pukul 10.00 WIB.

Sekitar pukul 17.00 WIB, Kimin berusaha mencari korban di kawasan pinggir pantai Perawean hingga Pantai Bandengan. Namun korban tidak ditemukan, tetapi mendapati dayung perahu korban di belakang Hotel D’Season. Hal itu memunculkan dugaan, jika Markum tenggelam. Kimin lantas memberitahu kepada keluarga korban dan Bhabinkamtibmas Desa Bandengan. 

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...