Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

RPH Kudus Sudah Difungsikan tapi Terkendala Jagal

Bangunan RPH Kudus. (MuriaNewsCom)
Bangunan RPH Kudus. (MuriaNewsCom)

MuriaNewsCom, Kudus – Keberadaan Rumah Potong Hewan (RPH) di Desa Prambatan Kidul, Kecamatan Kaliwungu, Kudus, telah Difungsikan. RPH yang dibangun pada 2015 lalu, telah beberapa kali digunakan untuk pemotongan hewan.

Kadinas Pertanian dan Ketahanan pangan Catur Sulistiyanto mengatakan, RPH sudah difungsikan semenjak 21 Januari lalu. Dalam percobaan pemotongan hewan hingga kini, berjalan dengan lancar dan aman terkendali.  “Tiap malam ada tiga hewan jenis kerbau yang disembelih. Tiga hewan tersebut berasal dari tiga jagal yang berasal dari Desa Ploso semuanya,” katanya kepada MuriaNewsCom di Kudus, Kamis (26/1/2017).

Hingga kini memang baru tiga jagal yang menyembelih. Padahal jumlah jagal yang terdapat di Kudus mencapai belasan orang. Untuk itu ke depannya akan lebih ditekankan pada pemindahan jagal untuk bertugas di RPH.

Saat ini, pihak dinas sudah memberikan surat kepada sejumlah jagal yang berada di Kudus untuk pindah. Namun dari surat yang diedarkan masih belum maksimal terlihat dengan sedikitnya jagal yang ada di RPH. “Kami masih melakukan sosialisasi terkait hal itu. Kami belum bisa memaksa para jagal untuk pindah lantaran belum ada perda yang mengatur penggunaan RPH tersebut. Jadi sosialisasi terus dilakukan,” ujarnya.

Peringatan tentang penggunaan RPH juga diberikan langsung dari rumah ke rumah kepada para pemilik jagal. Selain itu, beberapa kali pemilik jagal juga diajak ke RPH guna melihat secara langsung fasilitas yang ada di RPH. “Jadi mungkin para pemilik jagal masih nyaman di rumah atau jagalnya. Padahal dampaknya kepada lingkungan amat besar bahayanya. Soalnya standarnya tidak ada. Lain halnya jika di sini (RPH),” ujarnya.

RPH memiliki fasilitas yang bagus dan peralatan yang higienis dan juga lengkap. Sehingga hewan yang disembelih juga terjamin kualitasnya serta lebih cepat lantaran alatnya komplit. Pembangunan RPH beserta alatnya memakan biaya Rp 3 miliar. Itu meliputi pembangunan dan juga fasilitas alat-alatnya yang bersumber dari berbagai hal mulai pusat hingga kabupaten.

Editor : Akrom Hazami

Comments
Loading...