Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kemampuan Polisi dan TNI Amankan Pilkada Pati Dipuji Kemenko Polhukam RI

Kapolres Pati AKBP Ari Wibowo mengaku seratus persen siap mengamankan Pilkada Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)
Kapolres Pati AKBP Ari Wibowo mengaku seratus persen siap mengamankan Pilkada Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Kinerja polisi dan TNI selama melakukan pengamanan pada tahapan Pilkada Pati menuai pujian dari Asdep Koordinator Otonomi Khusus Kemenko Polhukam RI Brigjen TNI Herwin Suparjo. Pujian itu dilontarkan Herwin, usai mengunjungi Rumah Dinas Bupati Pati, Rabu (25/1/2017).

“Saya lihat dari aparat keamanan, baik Polres maupun Kodim sudah sangat siap melakukan antisipasi segala kemungkinan yang terjadi. Hal itu memang seharusnya dilakukan agar penyelenggaraan pilkada bisa berjalan aman, tertib dan lancar. Kami apresiasi langkah yang dilakukan polisi dan TNI,” ujar Brigjen TNI Herwin.

Menurutnya, hampir semua pilkada memiliki potensi kerawanan. Sejumlah pihak yang ingin membuat situasi rawan pada setiap pilkada juga diakui ada. Karena itu, dia meminta kepada aparat keamanan untuk melakukan deteksi dini terhadap kemungkinan yang membuat pilkada menjadi tidak kondusif.

“Jangan sampai mereka-mereka yang punya niat untuk membuat situasi rawan pada pilkada bisa memanfaatkan momentum ini. Jangan sampai itu terjadi. Sebab, kondisi tersebut yang membuat gesekan dalam pilkada,” tuturnya.

Menanggapi hal itu, Kapolres Pati AKBP Ari Wibowo mengaku sudah menyiapkan 1.220 pasukan keamanan selama tahapan pilkada. Belum lagi, bantuan keamanan dari Brimob berjumlah seratus orang dan diperkuat dengan 145 prajurit TNI Kodim 0718/Pati. Kekuatan dari pasukan pemukul Kompi C Senapan Alugoro Pati juga sudah disiagakan.

“Semua sudah disiapkan secara matang, termasuk deteksi dini intelijen terhadap kerawanan pilkada. Kami siap seratus persen. Backupnya sudah dikondisikan. Bahkan, personel jajaran yang lainnya sudah diperintahkan operasi imbangan,” pungkas AKBP Wibowo.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...