Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

3 Ribu Bibit Tanaman Siap Ditanam di Pegunungan Kendeng 

ILUSTRASI
ILUSTRASI

MuriaNewsCom, Kudus – Sekitar 3 ribu bibit tanaman telah disiapkan untuk penghijauan kembali di wilayah pegunungan Kendeng. Ribuan bibit tanaman tersebut, bakal ditanam pada area gunung yang gundul akibat penanaman semusim. Tujuannya lahan bisa kembali subur dan bisa mencegah terjadinya banjir.

Asisten Perhutani (Asper) BKPH Penganten KPH Purwodadi, Ridho Haryanto mengatakan, tiga ribu bibit sudah disiapkan. Bibit tersebut berasal dari berbagai jenis tanaman dengan tinggi kisaran 50 hingga 70 centimeter. 

“Tegakan 50-70 cm untuk gerakan awal penanaman dan percepatan penghijauan. Bibit tanaman itu berupa sengon, trembesi dan kesambi. Selain itu juga akan disebar tanaman pioner benih lamtoro (kemlanding) yang cocok untuk ditanam di lahan tandus,” katanya kepada MuriaNewsCom di Kudus, Selasa (24/1/2017).

Menurutnya, tanaman tersebut cepat tumbuh dan akarnya mampu mengikat air. Untuk itulah dipilih jenis bibit yang cepat tumbuh. Dengan upaya tersebut, diharapkan peristiwa banjir bandang tidak terulang. Seperti banjir bandang yang terjadi di Wonosoco Undaan Kudus, Jumat (20/1/2017).  

Dia merencanakan, penanaman ribuan pohon tersebut akan dilaksanakan pada pertengahan Februari mendatang. Penanaman bakal melibatkan berbagai unsur, di antaranya adalah muspika, relawan serta masyarakat setempat.

Dalam upaya percepatan, Kades Wonosoco Undaan Setiyo Budi menambahkan, pihaknya akan membuat aturan baru di desanya. Direncanakan, pengunjung bakal dibebaskan biaya masuk wisata namun dengan diganti bibit tanaman. “Jadi ini berlaku untuk kelompok besar maupun kelompok kecil. Kalau pengunjung tidak usah bayar tiket masuk asalkan membawa bibit,” ungkap dia.

Editor : Akrom Hazami

Comments
Loading...