Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Komisi II DPR RI Cek Kesiapan Pilkada Jepara

Sekda Jepara Sholih saat memberikan sambutan pada acara kunjungan DPR RI di Jepara, Senin (23/1/2017). (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)
Sekda Jepara Sholih saat memberikan sambutan pada acara kunjungan DPR RI di Jepara, Senin (23/1/2017). (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Jepara – Rombongan Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI mengecek kesiapan pelaksanaan Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) Jepara 2017. Rombongan diterima langsung Sekda Jepara Sholih di Pringgitan Pendopo Kabupaten Jepara, Senin (23/1/2017). 

Turut hadir dalam kesempatan itu, Ketua KPU Haidar Fitri, Ketua Panwaslih Jepara M. Arifin dan para pejabat terkait.  Tujuh belas orang rombongan Komisi II DPR RI dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi II DPR RI Fandi Utomo dan Ahmad Riza Patria.

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Fandi Utomo mengatakan,  kunjungan ke Jepara ini untuk memastikan kesiapan pemerintah dan penyelenggara pemilu dalam pelaksanaan pilkada serentak di Kabupaten Jepara tahun 2017.

Dalam kedatangannya juga mereka menaruh perhatian penting karena di Jepara dua paslon berasal dari incumbent. Yakni yang diikuti oleh Marzuqi Bupati Jepara nonaktif maju menjadi calon bupati, pun demikian rivalnya yakni Subroto yang merupakan Wakil Bupati Jepara non aktif yang juga maju menjadi calon bupati.

Sementara itu, Sekda Jepara Sholih mengatakan, hingga menjelang masa pencoblosan, pelaksaaan Pilkada Jepara berjalan dengan tertib, lancar dan aman.

“Pemkab juga telah memberikan dukungan penuh kepada pelaksanaan pesta demokrasi di Jepara. Termasuk sosialisasi partisipasi, edaran netralitas PNS, serta hibah angaran APBD kepada penyelenggara dan pengamanan pilbup,” katanya.

Di sisi lain, KPU sampai saat ini sudah mencairkan dana sejumlah Rp. 25,5 miliar, adapun sisanya sejumlah Rp 35.232 juta akan diajukan pencairannya di akhir bulan Januari 2017 mendatang.  

Sedangkan Panwaslu Jepara  hingga saat ini sudah pencairan dana 4,2 M ( 100 %). Polres Jepara sampai saat ini sudah pencairan dana sejumlah Rp 2,4 miliar, adapun sisanya sebesar 56,232 juta akan dicairkan akhir Januari 2017. Kodim 0719/Jepara saat ini sudah pencairan sejumlah 500 juta (100%).“Selain itu, setiap kecamatan dialokasikan sebesar 10 juta dalam APBD tahun 2017 untuk menunjang kegiatan Pilbup 2017” ungkapnya.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...