Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Debat Kandidat Pilkada Jepara Putaran Kedua Bakal Digelar Besok Malam, Ini Temanya

Ilustrasi
Ilustrasi

MuriaNewsCom, Jepara – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jepara bakal menggelar debat publik pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Jepara untuk putaran kedua yang bakal berlangsung di Gedung Wanita Jepara, pada Selasa (24/1/2017).

Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Jepara Subchan Zuhri mengatakan, tema debat yang bakal berlangsung besok malam yaitu  “Memajukan Daerah dan Menyerasikan Pembangunan untuk Keutuhan NKRI.”

“Untuk teknis pelaksanaan debat terbuka putaran kedua tak juah berbeda dengan sebelumnya. Hanya saja, kita berharap debat kali ini benar-benar berkualitas. Pada debat putaran pertama 20 Desember 2016 lalu, memang belum fokus pada pembahasan visi misi dan program masing-masing calon. Sehingga, justru pasangan calon saling serang masing-masing individu. Pun demikian, pertanyaannya masih banyak yang melenceng dari tema debat,” kata Subchan, Senin (23/1/2017).

Dia melanjutkan, kepada masing-masing pasangan calon diharapkan untuk menyiapkan materi debat dengan baik. Sehingga, debat putaran kedua besok bisa memenuhi harapan masyarakat.

Kemudian, terkait banyaknya segmen dalam debat nanti, pihaknya mengutarakan, bahwa debat putran kedua akan digelar sebanyak 5 segmen. Diantaranya penyampaian visi dan misi calon, pendalaman visi misi paslon,yakni moderator bakal melontarkan dua pertanyaan ke masing-masing paslon. Di mana pertantanyaan itu sudah dirumuskan oleh tim perumus,” ungkapnya.

Kemudian,katanya, untuk segmen ketiga, nanti yang paling menarik. Yaitu pihak KPU sudah memilih 4 warga untuk bertanya kepada masing masing paslon. Pertanyaan warga ini sudah dikemas dalam bentuk video, yang nantinya bisa langsung ditanggapi oleh paslon.

“Selanjutnya yakni segmen 4 yaitu, masing masing calon memberikan dua pertanyaan kepada rivalnya. Setelah itu, rivalnya menjawab, dan yang terakhir yakni pihak calon yang bertanya diberikan waktu untuk menanggapi jawaban rivalnya atas  pertanyaan itu, dan selanjutnya penutup,” katanya.

Perlu diketahui, untuk moderator debat putaran kedua nanti, akan dipandu oleh Sigit Rudianto dari TVRI. Selain itu, untuk batas maksimal pendukung yang boleh masuk ke dalam ruangan debat dibatasi maksimal 60 orang saja.

“Kalau ada pertanyaan dari paslon yang melenceng dari visi misi atau tema, maka moderator harus memberikan waktu kepada paslon tersebut untuk mengganti pertanyaannya. Sehingga nantinya pertanyaan itu tidak menyerang secara individu calon tersebut,” imbuhnya.

Terpisah, Calon Bupati Jepara nomor urut 1 Subroto mengaku tak melakukan persiapan secara khusus jelang debat putaran kedua. Tak ada pertanyaan khusus yang akan diajukan kepada pasangan calon rivalnya.“Ya, mengalir saja dengan jalannya debat. Materi yang kami siapkan ya visi misi kami,” kata Subroto.

Senada dengan Subroto, Calon Wakil Bupati Jepara pasangan nomor urut 2 Dian Kristiandi menyampaikan, tidak menyiapkan strategi khusus untuk mengusai jalannya debat. Materi pertanyaan yang akan disampaikan kepada pasangan calon nomor urut 1 pun juga belum disiapkan.

“Dilihat saja besok jalannya debat seperti apa. Tidak ada persiapan atau pertanyaan khusus. Ya sama, yang jadi modal debat terbuka besok hanya visi misi ,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...