Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pemohon SIM dari Luar Daerah di Satlantas Polres Rembang Masih Sepi

Beberapa pemohon SIM  terlihat sedang mengikuti ujian teori secara online. (Humas Polres Rembang)
Beberapa pemohon SIM terlihat sedang mengikuti ujian teori secara online. (Humas Polres Rembang)

MuriaNewsCom,Rembang – Pemohon Surat Izin Mengemudi (SIM) dari luar daerah di Kantor Satlantas Polres Rembang sepi, bahkan tidak ada sama sekali. Padahal, layanan yang memperbolehkan pemohon luar daerah memproses SIM di Rembang ini sudah diberlakukan sejak pertengahan Desember 2016 lalu.
Kasatlantas Polres Rembang AKP M.Rikha Zulkanain melalui Kanit Regident Iptu Setiyanto mengatakan, hingga pekan terakhir Januari 2017 tidak ada sama sekali pemohon SIM luar daerah di Rembang. Jumlah pemohon yang rata-rata 80 orang setiap hari, semuanya berasal dari Kabupaten Rembang.
“Sejak pertengahan Desember 2016 lalu, telah diberlakukan SIM online. SIM online itu, ujian teori dilakukan secara online. Sehingga, pemohon luar daerah pun, sejatinya bisa memproses SIM di Rembang. Namun, nyatanya hingga saat ini tidak ada pemohon dari luar daerah yang mengurus,” ungkapnya.

Menurutnya, untuk syarat pemohon SIM luar daerah, sejatinya juga tidak rumit. Pemohon cukup menunjukan KTP Elektronik (E-KTP) dan surat keterangan sehat kepada petugas. Khusus untuk syarat KTP, pemohon tidak bisa menggunakan yang tipe manual.

“Untuk pemohon dari luar daerah, hanya khusus untuk pelayanan SIM A dan C, baik baru maupun perpanjangan. Salah satu syaratnya adalah E-KTP, dan tidak boleh yang manual. Sebab, secara jaringan kami terintegrasi dengan Kantor Dindukcapil,” imbuhnya.

Katanya, Satlantas Polres Rembang juga sudah sering melakukan sosialisasi perihal SIM online kepada masyarakat. Dalam sosialisasi yang berupa pengumuman langsung dan baner itu, juga disebutkan perihal pemohon luar daerah yang bisa memproses SIM di Rembang.
“Masyarakat luar daerah yang berada di Kabupaten Rembang sudah mengetahui aturan baru tersebut. Sehingga, mereka tidak perlu lagi berusah-payah pulang ke daerah asal saat memperpanjang atau mengajukan permohonan SIM,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...